Cara Menghapus Tema WordPress Yang Sudah Terinstall di Hosting

Membangun sebuah blog wordpress dengan hosting pribadi (self-hosted) mempunyai banyak kelebihan dibanding ketika masih menggunakan hosting dari wordpress. Salah satunya adalah leluasa menginstall plugin dan juga tema. Pengguna wordpress self-hosted bisa mengupload tema maupun plugin mereka sendiri, baik yang dirancang secara pribadi maupun mengunduh dari internet.

Dalam memilih tema, biasanya publisher tema akan menampilkan “live demo” untuk tema yang mereka tawarkan. Supaya pengguna bisa tahu gambaran tema jika diterapkan ke blog mereka. Namun kadang kala live demo kurang memberikan gambaran, sehingga banyak pengguna yang memilih mengunduh tema dan menginstall sendiri di wordpress mereka.

Percobaan mencari tema yang tepat untuk sebuah blog bisa dibilang kegiatan yang memakan waktu. Setiap blogger punya preferensi dan kesukaannya masing-masing. Namun jika ingin dikunjungi lebih banyak orang, tema yang mereka pilih baiknya dibuat SEO-friendly dan juga responsif, bisa dimuat dengan baik dari berbagai perangkat yang berbeda. Tak jarang berulang kali blogger harus menginstall tema, mencoba menyesuaikan, jika tidak cocok kemudian mencari tema yang lain.

Tema-tema yang sudah diinstall itu tetap akan memakan memori penyimpanan di hosting. Baiknya dihapus saja jika sudah tidak terpakai.

Awalnya saya merasa kesulitan mencari opsi menghapus tema dari hosting wordpress. Ternyata menunya ada, namun hanya berupa tulisan kecil yang tidak gampang dinotice.

Cara mengahapus tema wordpress dari hosting begitu mudah :

Pertama, masuk ke halaman Admin WordPress.

Caranya ketik alamat situs lalu diakhiri dengan wp-admin, misalnya situsanda.com/wp-admin

Kedua, masuk ke menu tema.

Lihat panel kiri di dashboard, di situ ada banyak pengaturan, cari menu tema. Di menu tema akan ditampilkan seluruh tema yang sudah pernah Anda install selama ngeblog.

Ketiga, klik tema yang akan dihapus.

Contohnya saya akan menghapus tema bernama Fashify. Klik tema tersebut, lalu akan muncul pop-up keterangan tema. Lalu perhatikan bagian pojok kanan bawah, ada tulisan “hapus“, kemudian klik.

Dengan begitu tema akan dihapus dari hosting. Hal ini cukup bermanfaat untuk ada yang sudah menemukan tema yang cocok untuk blog Anda. Selain itu menghapus tema juga akan menghemat storage yang tersedia di hosting Anda.


Bagaimana jika Anda berubah pikiran lalu ingin menginstall lagi tema yang sudah Anda hapus, apakah bisa? Tentu bisa, Anda hanya perlu mengunduh file tema itu dari publishernya dan menginstallnya lagi di hosting Anda.

Sekian, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang kesulitan mencari opsi menghapus tema dari hosting WordPress.

Tinggalkan komentar