Cara Menghilangkan Peringatan Kelembaban Terdeteksi di Ponsel Samsung Galaxy

Peringatan kelembaban Samsung A5 2017

Pernah mendapati peringatan kelembaban port charger terdeteksi di ponsel Samsung Galaxy? Lalu ponsel tidak bisa dicharge karena peringatan tersebut? Hal ini cukup merepotkan para pengguna karena ponselnya menjadi tidak bisa dicharge.

Ketahui apa penyebabnya. Peringatan itu muncul ketika ponsel mendeteksi ada kelembaban di dalam portnya. Seperti port charger maupun port jack audio. Biasanya peringatan ini hanya muncul pada ponsel yang memiliki rating tahan air dan debu IP68 seperti Galaxy A tahun 2017, Seri S, dan juga seri Note. Namun beberapa ponsel baru Samsung juga sudah bisa mendeteksi kelembaban. Contohnya pada Galaxy A20, A30, A50, A8 Star, A9, dan seri lainnya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Saat Iklan di Layar Kunci Saat Charge Ponsel Samsung

Penyebab Munculnya Peringatan Kelembaban

Peringatan kelembaban itu muncul bukan tanpa tujuan. Salah satunya melindungi pengguna dari bahaya konsleting arus listrik saat ponsel lembab. Kelembaban yang muncul pada ponsel Samsung pun bisa disebabkan banyak hal misalnya :

  1. Ponsel kehujanan
  2. Ponsel kemasukan air
  3. Berada di area dengan tingkat kelembaban tinggi
  4. Terkena uap makanan / minuman
  5. dan lain-lain

Hal-hal tersebut bisa memicu munculnya peringatan kelembaban di ponsel Samsung sehingga tidak bisa dicharge.

Baca juga : Perbedaan Charger Samsung Asli dan Palsu

Dampak Jika Peringatan Kelembaban Terus Muncul

Jika hanya berupa notifikasi bukan masalah. Namun ketika peringatan itu muncul, ponsel tidak akan bisa dicharge dan hanya memunculkan logo peringatan tersebut.

Ketika memaksa dicharge, daya tidak akan masuk dan ponsel hanya bergetar saja sambil memunculkan peringatan lagi. Hal ini cukup merepotkan ketika ponsel akan segera dibawa keluar rumah atau sedang digunakan untuk beraktivitas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga : Cara Merekam Video Sambil Memutar Musik di Ponsel Samsung Galaxy

Cara Menghilangkan Peringatan Kelembaban Samsung

Saya bagi menjadi dua cara. Cara pertama adalah saat sobat betul-betul yakin ponsel telah kemasukan air maupun kehujanan. Cara kedua adalah saat sobat yakin ponsel tidak kemasukan air namun tiba-tiba peringatan kelembaban selalu saja muncul.

1. Jika Ponsel Kemasukan Air

Cara yang bisa sobat lakukan sebagai berikut :

  • Keringkan ponsel berserta portnya (menggunakan cotton bud, kain tipis, setelah itu hair dryer)
  • Tunggu beberapa saat sampai kelembaban menguap secara alami. Selama menunggu ini jangan charge ponsel karena masih ada kelembaban di dalam ponsel.
  • Coba lakukan charge setelah menunggu kelembaban menguap. Umumnya setelah ditunggu 3 – 4 jam akan bisa dicharge lagi.
  • Jika belum bisa dicharge, ikuti cara kedua di bawah ini.

2. Jika Ponsel Tidak Kemasukan Air

Ini berdasarkan pengalaman saya ketika muncul peringatan kelembaban pada Samsung A30 dan A8 Star yang saya pakai secara normal, tidak kena hujan, kena makanan ataupun minuman. Tiba-tiba saja muncul peringatan kelembaban dan tidak bisa dicharge.

Caranya cukup mudah. Langkah yang pertama kali dilakukan adalah mengeringkan port dengan cotton bud, kain, atau dikeringkan dengan hair dryer namun suhunya jangan terlalu panas. Supaya sumber kelembaban bisa kering. Singkatnya, lakukan langkah pada cara pertama. Kemudian dilanjutkan cara ini :

  • Matikan ponsel (turn off)
  • Kemudian charge sambil menyalakan ponsel. Ini perlu ketepatan waktu. Posisikan charger dekat dengan lubang chargernya. Lalu nyalakan ponsel sampai muncul logo Samsung dan bergetar, di saat bersamaan, masukkan kabel charger ke port chargernya.

Mudahnya, nyalakan ponsel sampai muncul tulisan logo Samsung sambil memasukkan kabel charger ke port charger. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai ponsel menyala. Jangan dicabut chargernya. Nanti indikator charger akan muncul dan ponsel kalian bisa mengisi daya lagi. Notifikasi kelembaban terdeksi juga akan hilang dari ponsel.

Baca juga : Service Samsung Galaxy Tanpa Kartu Garansi dan Nota Pembelian

Jika Kedua Cara Tidak Berhasil : Bawa ke Teknisi

Sudah mencoba kedua cara di atas namun belum juga bisa dicharge? Sebaiknya sobat bawa ke teknisi maupun ke service centre. Apalagi jika sobat sudah yakin bahwa sebelumnya ponsel sudah kemasukan air. Teknisi akan mengecek ponsel apakah peringatan muncul karena software, kerusakan sensor, ataupun memang masih ada kelembaban yang terjebak di dalam ponsel sobat. Jika ponsel sobat sudah mendukung wireless charging, gunakan wireless charging dahulu supaya baterai ponsel tidak habis.

Catatan : ponsel yang belum memiliki rating water and dust resistant semacam IP68, lebih baik dijauhkan dari percikan atau guyuran air. Mencegah lebih baik daripada ponselnya terlanjur rusak, karena garansi tidak berlaku untuk ponsel yang kemasukan air.

23 pemikiran pada “Cara Menghilangkan Peringatan Kelembaban Terdeteksi di Ponsel Samsung Galaxy”

    • Seharusnya pakai cara kedua sudah bisa dicharge normal lagi, kalau peringatan masih muncul bisa dibawa ke teknisi untuk dicek kemasukan air atau tidak ya..

      Balas
  1. Terimaaksih.. sy pake cara ke 2. Cm styp batre abis.. klo mw ngcharge sllu pke cr ke 2.. klo sllu bgt apa baik2 aja.. atw baiknya ganti papan konektor y..

    Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Kalau peringatannya muncul berulang sebaiknya dibawa ke teknisi / service centre untuk dicek konektor / IC baterainya ya..

      Balas

Tinggalkan komentar