Cara Mengubah Mikrofon Di Google Meet

Logo Google Meet

Google Meet masih menjadi salah satu platform video teleconference yang sedang diminati masyarakat. Belakangan juga banyak pengunjung blog yang mencari tentang cara merekam Google Meet di blog ini. Hal ini menunjukkan masih banyak juga yang belum mengerti cara menggunakan fitur-fitur yang ada di Google Meet.

Untuk video call sederhana, menggunakan mikrofon biasa bawaan hape atau laptop sebenarnya sudah cukup. Namun bagaimana jika mikrofon mati atau sobat ingin mengganti mikrofon di Google Meet? Misalkan ketika sobat berada di sebuah instansi ataupun lembaga profesional, tentu ingin hasil suara yang bagus.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengganti sumber mikrofon di pengaturan Google Meet. Untungnya Google sudah menyediakan pengaturan ini secara langsung yang menjadi fitur bawaan.

Baca Juga : Cara Menampilkan Grid View Google Meet

Cara Mengubah Mikrofon Di Google Meet

Cara mengubah mikrofon di Google Meet ini sangatlah mudah. Sobat hanya perlu memastikan bahwa mikrofon yang akan sobat gunakan sudah terhubung dengan benar ke laptop atau PC yang sedang sobat gunakan. Jangan sampai ada kabel yang putus atau port yang kurang kencang.

Langkah mengubah mikrofon di Google Meet :

  1. Buka Google Meet yang sedang berlangsung
  2. Pilih titik tiga (opsi lanjutan) pada pojok kanan bawah
  3. Pilih menu setelan
  4. Ubah mikrofon sesuai dengan mikrofon yang akan sobat gunakan
  5. Pilih selesai

Lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar berikut ini :

Ubah mikrofon Google Meet
Lihat titik tiga di pojok kanan bawah. Kemudian pilih menu “setelan”
Ubah mikrofon Google Meet
Akan muncul setelah audio, video, dan pengaturan umum. Pilih “audio” kemudian pilih “mikrofon”
Ubah mikrofon Google Meet
Akan muncul pilihan mikrofon yang bisa digunakan. Mikrofon standar / bawaan namanya diawali dengan “default”, ditunjukkan warna kuning. Mikrofon lain yang sobat pasang juga akan muncul di daftar ini dan bisa dipilih. Contohnya saya pilih “Microphone (2-Realtek(R) Audio) yang merupakan nama headset yang saya gunakan. Jangan lupa klik “Selesai”.

Bagaimana mudah bukan? Sobat dapat menerapkan langkah di atas untuk mengubah mikrofon yang digunakan ketika melakukan panggilan maupun rapat dengan Google Meet. Jika sobat punya mikrofon yang bagus tentu saja suara sobat akan terdengar lebih jelas dan jernih di device pengguna lainnya.

Hal ini cocok untuk sobat coba ketika menggunakan Google Meet untuk penggunaan di instansi maupun kegiatan profesional lainnya. Sobat tidak ingin kan suaranya terdengar pelan atau malah mikrofon laptop bocor dengan suara-suara di lingkungan sobat.

Pastikan juga sobat sudah menggunakan mikrofon yang berfungsi dengan baik dan sengaturnya dengan benar. Jika mikrofon sobat terasa kurang keras sobat bisa mencoba tips di artikel Mengatasi Suara Mikrofon Kecil di Laptop.

2 pemikiran pada “Cara Mengubah Mikrofon Di Google Meet”

Tinggalkan Balasan