Cara Menyembunyikan Notch Samsung A30 dan A50

Tren ponsel dengan notch alias berponi dimulai sejak Apple merilis iPhone X mereka pada tahun 2017. Meski awalnya sempat diragukan dan menjadi kontroversi, secara perlahan brand lain pun mulai mengikutinya, termasuk Samsung. Dengan adanya notch pabrikan bisa membuat layar dengan screen to body ratio yang lebih besar dan tetap bisa mempertahankan kamera depan serta sensor lainnya.

Samsung yang di tahun 2018 bersikukuh tidak menggunakan notch, pada akhirnya menggunakan juga mulai tahun 2019 melalui line-up Galaxy A series. Secara umum ada tiga jenis notch yang dimiliki ponsel Samsung :

  1. Infinity O
  2. Infinity V
  3. Infinity U

Samsung Galaxy A30 dan A50 menggunakan layar dengan Infinity U, dengan notch seperti huruf U. Ada yang suka dan ada yang tidak suka. Yang suka menganggap desain ini lebih kekinian. Yang tidak suka menganggap Samsung latah karena mengikuti pabrikan lain. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Caranya sangat mudah. Tanpa aplikasi tambahan kita bisa menyamarkan notch tersebut. Cukup dengan setting yang sudah disediakan Samsung di dalam pengaturan Galaxy A30 dan Galaxy A50 sobat bisa menghilangkan notch yang mengganggu bagi sebagian orang. Hal ini saya sudah saya coba di A30. Berfungsi juga di seri galaxy lain yang memiliki notch.

Baca juga : Cara Merekam Video Sambil Memutar Musik di Ponsel Samsung Galaxy

Buka Pengaturan, Masuk ke menu Tampilan

Menu Tampilan Samsung Galaxy A30
Pengaturan tampilan Galaxy A30

Pilih Aplikasi layar penuh lalu pilih pengaturan lanjutan

Pengaturan Lanjutan Galaxy A30
Klik titik tiga pojok kanan atas, akan muncul pengaturan lanjutan

Pilih Sembunyikan potongan kamera

Sembunyikan notch Samsung Galaxy A
Sembunyikan potongan kamera untuk menghilamgkan notch

Selamat, poni yang mengganggu sudah tidak terlihat lagi. Tampilan ponsel jadi lebih nyaman dipandang karena tidak ada notch di tengah layar. Jika ingin menampilkan notch di Galaxy A30 dan seri galaxy lainnya, sobat bisa lakukan cara yang sama seperti di atas, tinggal diaktifkan saja.

Baca juga :

Tinggalkan komentar