Cara Merekam Google Meet

Sejak dimulainya periode social distancing dan juga imbauan work from home. Perlahan tapi pasti layanan rapat online menjadi sebuah kebutuhan kantor dan para pekerja maupun pelajar yang ingin mengikuti pembelajaran online.

Hal ini menjadi kesempatan berbagai perusahaan penyedia layanan rapat online untuk mendapatkan banyak pengguna baru. Ada banyak layanan rapat online yang sudah tersedia seperti :

  • Zoom
  • Google Meet
  • Microsoft TeamLink
  • Cisco Webex
  • dan lain-lain

Salah satu yang populer dan cukup mudah digunakan adalah Google Meet. Tidak perlu banyak setting, cukup buka meet.google.com lalu buat rapat atau masukkan kode rapat. Wajar apabila layanan ini banyak dipilih oleh orang-orang karena sangat mudah digunakan.

Apakah Google Meet Berbayar?

Tak heran, awalnya Google Meet yang sebenarnya berbayar ini sementara digratiskan Google karena semakin banyaknya pengguna. Dikutip dari Kompas.com, Google Meet resmi digratiskan untuk semua pemilik akun Google sampai dengan September 2020 nanti. Sehingga mereka bisa menggunakan fitur-fitur premium seperti kapasitas hingga 100 peserta dan durasi waktu rapat tidak dibatasi.

Setelah September 2020 nanti, pembatasan di akun non-premium akan dilakukan, yaitu pembatasan jumlah peserta dan lama waktu panggilan.

Bagi mahasiswa tidak perlu khawatir, karena kebanyakan kampus sudah berlangganan G-Suite yang memungkinkan akun mahasiswa menggunakan fitur premium di Google Meet. Namun untuk memastikannya bisa ditanyakan dahulu ke bagian TI kampus sobat sekalian.

Baca juga : Cara Copy Gambar dan Foto Ke Instastory

Manfat Merekam Google Meet

Fitur merekam video menjadi penting untuk layanan rapat online. Untungnya Google Meet juga menyediakan opsi tersebut. Dengan fitur ini sobat bisa mendapat manfaat berikut :

  1. Rekaman bisa sobat tonton ulang
  2. Bisa dijadikan bukti dokumentasi untuk presensi maupun pertanggungjawaban lainnya
  3. Untuk kenang-kenangan kalau sobat pernah menjalani masa-masa WFH 😉

Cara Merekam Google Meet

Cara merekam Google Meet ini saya contohkan menggunakan laptop. Untuk merekam Google Meet dari hape hampir sama caranya, tinggal cari saja menu more option dan ikuti langkah yang sama dengan ini :

  1. Buka Google Meet melalui laptop atau PC
  2. Join rapat atau panggilan yang sedang berlangsung melalui meet.google.com
  3. Jika sudah bergaung, klik pada menu more option di pojok kanan bawah
  4. Pilih record meeting atau rekam rapat
  5. Setelah selesai merekam, pilih stop recording
Cara merekam video rapat Google Meet
Cara merekam video rapat Google Meet

Menu more option ada di pojok kanan bawah. Pilih menu tersebut untuk membuka fitur-fitur rapat yang ada, salah satunya record meeting.

Cara merekam video rapat Google Meet
Cara merekam video rapat Google Meet

Pilih record meeting untuk merekam rapat yang sedang berlangsung. Jika muncul pemberitahuan izin untuk merekam rapat klik OK saja. Pastikan sudah muncul logo merekam di pojok kiri atas yang gambarnya seperti ini :

Logo recording Google Meet
Logo recording Google Meet

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

Dimana Rekaman Google Meet Tersimpan?

Setelah sobat memencet tombol record meeting, maka rapat akan mulai direkam oleh server Google. Setiap peserta bisa memencet tombol record, namun filenya akan dikirimkan ke Google Drive pembuat rapat / host.

File video google meet tersebut akan disimpan di Google Drive pembuat rapat / host. Akan ada folder rapat bernama Meet Recordings yang berisi dua file : file video dengan format .mp4 dan juga teks yang berisi rekaman percakapan di kolom chat.

Contoh hasil rekaman Video Google Meet

Gambar di atas adalah contoh hasil rekaman video Google Meet. Rekaman akan tersimpan di folder Meet Recordings. Jika sobat tidak menjadi host rapat, setelah selesai direkam sobat bisa meminta host rapat untuk membagi folder meet recording ke google drive sobat seperti gambar di atas. Nanti foldernya akan masuk di menu shared with me di Google Drive sobat. Video rekaman dan teksnya juga bisa sobat unduh melalui Google Drive tersebut.

Itulah cara mudah untuk merekam rapat di Google Meet. Selamat mencoba!

UPDATE :

Dari halaman support Google , disampaikan bahwa untuk merekam rapat admin G Suite harus mengaktifkan akun sobat.

Syarat bisa merekam Google Meet:

  1. Memiliki akun G-Suite
  2. Merupakan penyelenggara rapat
  3. Berada pada organisasi yang sama dengan penyelenggara rapat, misalnya satu kampus / satu kantor.

Hal ini baru saya sadari setelah beberapa hari lalu login ke Google Meet dengan akun Gmail biasa (bukan akun G-Suite) dan tidak muncul opsi merekam video saat menjadi peserta.

Jadi jika sobat ingin merekam rapat pastikan sobat menjadi penyelenggara rapat (host) atau meminta host untuk merekamnya.

Selamat mencoba!

Baca juga :

2 pemikiran pada “Cara Merekam Google Meet”

    • Penyebab presentasi tidak tampil :
      1. Koneksi internet tidak stabil
      2. Belum klik “izinkan/allow” saat browser meminta izin membagikan layar

      Balas

Tinggalkan komentar