Cara Merekam Video Sambil Memutar Musik di Ponsel Samsung Galaxy

Ketika mendengarkan musik, lalu berpindah ke mode perekaman video menggunakan aplikasi kamera, biasanya musik yang terputar akan mati. Hal ini bertujuan untuk mencegah suara yang keluar dari speaker agar tidak ikut terekam di dalam video.

Lalu, bagaimana jika sobat menginginkan hal sebaliknya? Yaitu merekam video sambil memutar musik untuk menjadi backsound misalnya. Caranya cukup mudah. Sudah saya coba di Galaxy A8 Star saya.

Baca juga : Cara Mengatur Volume Aplikasi Berbeda Di Samsung Galaxy

Sebelumnya, unduh aplikasi SoundAssistant di Google Play. Aplikasi ini punya banyak fungsi untuk mengatur profil dan pengaturan suara di ponsel Samsung Galaxy. Sobat bisa membuat profil suara ketika di kantor, ketika di sekolah, dll, atau berdasarkan waktu. Ponsel akan dengan sendirinya mengatur tingkat kekerasan volume suara media, notifikasi dan ringtone berdasarkan profil tersebut secara otomatis.

SoundAssistant Samsung
Aplikasi SoundAssistant Samsung

Hebatnya, SoundAssistant ini juga dapat digunakan untuk mengatur lagu agar tetap terputar meski aplikasi lain dibuka. Hal ini bisa juga bisa dilakukan untuk aplikasi kamera, supaya sobat bisa merekam video sambil memutar musik.

Yuk kita simak caranya :

Buka Sound Assistant

Pertama-tama buka aplikasi Sound Assistant. Jika muncul pop-up / permintaan aplikasi meminta izin mengakses speaker atau mikrofon silakan diizinkan. Karena memang aplikasi ini digunakan untuk pengaturan suara.

Scroll ke bawah lalu pilih “Suara Aplikasi Ganda”

Pengaturan Sound Assistant
Pengaturan Sound Assistant

Kemudian pilih aplikasi kamera

Pilihan aplikasi pada Sound Assitant

Dengan memilih aplikasi kamera, artinya sobat mengizinkan aplikasi lain bisa memutar suara secara bersamaan sambil mengambil gambar ataupun merekam video.

Sekarang coba putar musik dari Google Play Music, Samsung Music atau Spotify. Kemudian buka aplikasi kamera dan mulailah merekam video.

Finally, musik yang sedang berputar tidak berhenti dan ikut terekam sebagai backsound. Bahkan ketika sobat memutarnya melalui earphone. Gimana, keren kan?

Perlu diperhatikan : aplikasi ini fungsinya hanya mengizinkan speaker tetap memainkan musik saat Anda merekam video. Jadi suara musik yang direkam berasal dari speaker, bukan merekam dari sistem ponsel. Sehingga jika mikrofon ponsel sobat letaknya dekat dengan speaker bisa jadi hasil perekaman backsound musiknya akan naik turun suaranya karena ada “noise cancellation” di mikrofon ponsel.


Sejauh ini cara terbaik menambahkan backsoun musik ke video tetaplah dengan menggunakan bantuan software video editing karena akan lebih fleksibel saat mengedit. Dan suaranya juga lebih jernih karena bisa langsung mengambil lagu.

Sekian tips saya, semoga bermanfaat ya!


Tinggalkan Balasan