Cara Perpanjang SIM C di Polres Sleman : Dapat SIM Model Baru

Lokasi Cek Kesehatan Depan Polres Sleman
Lokasi cek kesehatan di seberang Polres Sleman. Anda bisa parkir di sini, supaya tidak bolak-balik saat membuat surat keterangan sehat.

7 Oktober 2019 lalu saya melakukan perpanjangan SIM di Polres Sleman. Ingat, perpanjangan baru bisa dilakukan minimal 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis. Jika masa berlakunya masih lebih dari 14 hari lagi belum bisa melakukan perpanjangan SIM.

Untuk perpanjangan SIM C Polres Sleman pada masa social distancing akan dijelaskan di bagian akhir artikel

Secara umum, tahapan perpanjangan SIM di Polres Sleman cukup mudah. Inilah tahapan yang saya lalui :

  1. Siapkan foto kopi KTP dan SIM yang masih berlaku. Saran saya foto kopi di sebelah lokasi cek kesehatan yang ada di seberang Polres Sleman. Penjaganya sudah tahu harus foto kopi seperti apa.
  2. Lakukan cek kesehatan di seberang Polres Sleman. Pastikan sudah foto kopi KTP dan SIM lama karena akan ditanya oleh asisten dokternya. Datanglah pagi supaya antreannya tidak panjang. Ambil nomor antrean cek kesehatan dan tunggu sambil mendengar nomor berapa saja yang dipanggil karena nomornya banyak yang terlewati karena nomor antreannya tidak lengkap. Saya datang jam 10, dan baru dipanggil 40 menit kemudian.
  3. Datang ke loket informasi di gedung pembuatan SIM (di depan teller BRI), nanti akan diberi ID card oleh polisi yang berjaga.
  4. Bayar biaya perpanjangan SIM di teller BRI. Untuk Perpanjangan SIM C biayanya Rp 75.000,00
  5. Pergi ke loket 1 untuk mendapatkan formulir. Kemudian diisi. Saran saya dari rumah bawalah ballpoint sendiri, di sana antre dan banyak yang tidak berfungsi.
  6. Serahkan formulir ke loket 2, di loket ini Anda akan dapat antrean untuk ke loket 3.
  7. Perhatikan antrean di loket 3, akan dipanggil langsung oleh penjaga. (Antre sekitar 30 menit sampai dipanggil masuk ke ruang foto)
  8. Di loket 3 Anda akan mengantre foto SIM. Jangan lupa senyum 🙂 Setelah selesai foto Anda akan diarahkan ke loket 5. (Antre sekitar 15 menit sampai dipanggil foto)
  9. Tunggu panggilan di loket 5. Di sini antre untuk mengambil SIM yang sudah dicetak. (Antre sekitar 30 menit)
  10. Setelah dipanggil di loket 5, siapkan SIM lama Anda untuk ditukar dengan SIM baru. Jangan lupa ID card yang diberikan di awal tadi juga dikembalikan ke loket 5.
Perpanjangan SIM Polres Sleman - Loket 5 Cetak / Pengambilan SIM
Loket 5 Pengambilan SIM
Perpanjangan SIM C Polres Sleman - Dapat SIM Terbaru
SIM C Perpanjangan

SIM yang dicetak sudah menggunakan model terbaru dengan aksen warna merah. Lebih eye catching menurut saya. Demikian artikel cara perpanjang SIM C di Polres Sleman. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kalau mau bikin berangkat agak pagi ya supaya tidak antre lama, oke..

Denah Polres Sleman :

Update Perpanjang SIM di Polres Sleman Selama Periode Social Distancing :

Sesuai dengan arahan Kapolri melalui Kakorlantas maka Satlantas Sleman mengambil kebijakan dispensasi bagi perpanjangan SIM dengan ketentuan :

  1. Masa berlaku SIM dari tanggal 17 Maret – 29 Mei 2020 dapat melaksanakan perpanjangan setelah tanggal 29 Mei 2020 (tetap proses perpanjangan).
  2. Khusus Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Suspect Covid-19 dapat melaksanakan perpanjangan setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan sehat dari dari rumah sakit.

Syarat perpanjang SIM :

  1. SIM dan KTP di fotokopi rangkap 2
  2. Surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh Polri

Informasi selengkapnya juga bisa diikuti pada akun sosial media Instagram Satlantas Sleman : @satlantas_sleman

Mekanisme Pelayanan SIM Online (daring)

  1. Buka laman http://sim.korlantas.polri.go.id
  2. Pilih menu pendaftaran SIM Online (daring)
  3. Pilih jenis permohonan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru
  4. Ikuti alur pendaftaran. Setelah pendaftaran sukses, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC, atau teller di seluruh BRI
  5. Datang ke lokasi satpas/gerai/SIM Keliling yang telah dipilih saat pendaftaran dan jangan lupa bawa surat keterangan sehat dari dokter. Identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan)
  6. Pemohon akan menjalani ujian teori dan praktik
  7. Apabila pemohon lulus SIM dapat dicetak

Biaya Pembuatan SIM Baru

  • SIM A : Rp 120.000
  • SIM C : Rp 100.000

Biaya Perpanjangan SIM

  • SIM A : Rp 80.000
  • SIM B : Rp 80.000

Informasi selengkapnya tertera :

Tinggalkan Balasan