Cara Perpanjang STNK Tahunan Di Samsat Sleman 2020

Kali ini saya akan membagikan pengalaman perpanjang STNK motor tahunan di Samsat Sleman. Perpanjangan STNK ini saya lakukan di pertengahan bulan Agustus 2020, masih dalam suasana pandemi Covid-19. Barangkali artikel ini bisa dijadikan referensi bagi sobat yang akan memperpanjang STNK tahunan dalam waktu dekat.

Kantor Samsat Sleman terletak di Jalan Magelang KM 13, Triharjo, Sleman. Dari arah selatan, letaknya di kiri jalan sebelum Polres Sleman. Jangan sampai kelewatan ya karena putar baliknya cukup jauh.

Cara Perpanjang STNK Tahunan Di Samsat Sleman 2020

Yang akan saya perpanjang adalah STNK motor CB150R. Ini perpanjang tahunan ya, bukan 5 tahunan. Kalau perpanjang 5 tahunan akan ada tahapan cek fisik dan perlu gesek nomor rangka.

Hal yang harus dipersiapkan :

  1. Fotokopi KTP sesuai STNK
  2. Fotokopi STNK
  3. KTP asli sesuai STNK
  4. Kendaraan yang akan dibayar pajaknya (jika ingin menggunakan layanan drive thru)

Perpanjangan saya lakukan secara manual bukan menggunakan drive thru karena kebetulan motornya sedang di luar kota. Jika ingin melakukan perpanjangan secara drive thru wajib mengenderai kendaraan yang akan dipajaki.

Untuk fotokopi KTP dan STNK bisa dilakukan di kios fotokopi yang ada di sebelah selatan gedung samsat. Penjaganya sudah tahu formatnya seperti apa untuk berbagai jenis kebutuhan administrasi.

Masuk samsat melalui jalur kiri yang ada tulisan “masuk”. Berhenti sebentar untuk ambil karcis parkir. Lalu parkir motor di parkiran sebelah kiri, sudah ada tempatnya.

Gedung utama Samsat Sleman. Pict Credit : Sperak Speed (2019) di Google Maps.

Selanjutnya pergi ke gedung utama untuk melakukan perpanjangan STNK. Karena ini masih pandemi, jangan lupa pakai masker. Sebelum masuk gedung utama silakan cuci tangan dan masuk ke bilik disinfektan.

Setelah masuk akan ada satpam yang mengecek suhu badan. Bilang saja mau perpanjang STNK tahunan, nanti diarahkan ke loket pendaftaran berkas yang ada di sebelah kiri setelah pintu masuk.

Di loket pendaftaran berkas siapkan :

  1. Fotokopi STNK dan KTP
  2. STNK asli
  3. KTP asli

BPKP tidak perlu ditunjukkan. Serahkan ketiga berkas tersebut kepada petugas dan tunggu sebentar sampai dipanggil namanya sesuai yang ada di KTP. Setelah nama dipanggil berkas akan dikembalikan dan dapat nomor antrean.

Nomor antrean itu akan dipanggil dari deretan counter, berjejer banyak counter dan loket pembayaran. Nomor antrean yang dipanggil akan tampil di TV monitor, jadi perhatikan betul nomor antreannya di TV. Kalau sudah dipanggil, datangi counter sesuai yang ada di monitor ya.

Berkas dan nomor antrean kemudian diserahkan kembali. Setelah itu akan diminta membayar pajak kendaraan. Untuk CB150R tahun 2014 saya kena 305.000 rupiah. Bayarnya pakai uang tunai ya, jadi siapkan uang tunai. Setelah itu akan mendapat bukti pembayaran dan diminta duduk terlebih dahulu.

Duduklah di kursi antrean sambil menunggu, nanti akan dipanggil namanya oleh petugas loket. Dengarkan baik-baik ya, jangan disambi dengerin musik supaya enggak kelewatan. Nunggunya gak lama kok.

Setelah nama dipanggil, datangi counter petugas dan sobat akan mendapatkan SKPD yang baru beserta wadah plastiknya, STNK yang sudah dicap dan juga KTP akan dikembalikan. Jangan lupa dimasukkan ke dalam wadahnya biar awet, hehehe.

Total waktu yang saya perlukan untuk perpanjangan STNK ini terbilang cepat, tidak sampai 20 menit, dengan kondisi yang cukup ramai dan saya datang juga tidak pagi-pagi amat, menjelang jam 9 pagi. Kalau sobat mau lebih cepat ya datang saja jam 8 pagi atau sekalian menggunakan layanan drive thru. Kemarin saya lihat yang antre drive thru tidak banyak.

Secara ringkas, cara perpanjang STNK tahunan di Samsat Sleman sebagai berikut :

  1. Masukkan berkas loket pendaftaran
  2. Dapat nomor antrean counter
  3. Melakukan pembayaran di loket counter
  4. Menerima bukti bayar
  5. Menerima SKPD baru, STNK yang sudah dicap dan KTP
  6. Selamat perpanjangan STNK sudah berhasil!

Begitulah sobatku sekalian pengalaman yang saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi sebelum perpanjang STNK di Samsat Sleman. Sebagai catatan, prosedur di atas bisa saja berubah menyesuaikan peraturan dari Samsat.

Baca juga :

Tinggalkan komentar