Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Merekam layar laptop windows 10 tanpa aplikasi

Tutorial komputer / laptop akan lebih mudah dijelaskan melalui video dibanding hanya tulisan saja. Makanya sekarang banyak orang membagikan keterampilan komputernya melalui video, dengan merekam layar laptop mereka. Sehingga kita temui banyak tutorial video editing, desain grafis, olah data dan sebagainya di internet, terutama di YouTube.

Bagaimana para Youtuber merekam tampilan layar laptop mereka? Untuk merekam tampilan layar laptop ada banyak software populer yang bisa melakukannya :

  1. Bandicam
  2. CamStudio
  3. Camtasia
  4. Filmora Scrn
  5. FreeCam
  6. OBS Studio
  7. Ultra Screen Recorder
  8. dan lain-lain

Software di dalam daftar itu ada yang berbayar dan ada yang gratis. Fitur di dalamnya juga bermacam-macam, memudahkan pengguna yang ingin berkreasi dengan screen recordingnya.

Adakah alternatif lain untuk merekam layar tanpa perlu menginstall software di Windows 10?

Jawabnya ada, Windows 10 menyediakan fitur bernama Xbox Game Bar yang sering disebut Game Bar.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara Mikrofon Kecil di Laptop

Pengertian Xbox Game Bar

Xbox Game Bar dapat digunakan untuk merekam klip permainan, chatting dengan teman, dan menerima invitasi bermain game. Selain itu ada fitur lain seperi : mengambil screenshot, merekam video, mematikan dan menyalakan mikrofon saat bermain game, memulai broadcast dan sebagainya.

Meski namanya Xbox Game Bar, pengguna dapat menggunakan fitut merekam layar untuk aplikasi non-game. Contohnya untuk merekam tutorial Microsoft Word, Microsoft Excel dan aplikasi lainnya tanpa aplikasi tambahan

Cara Merekam Layar di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar di Windows 10 tanpa aplikasi sangatlah mudah. Cukup nyalakan Game Bar dengan menekan tombol windows + G secara bersamaan. Akan muncul menu untuk merekam video. Pilih saja menu record, maka secara otomatis Windows akan merekam aktivitas pengguna di layar.

Langkah merekam layar di Windows 10 :

  1. Buka aplikasi / game yang akan direkam
  2. Pencet tombol Windows + G bersamaan
  3. Klik tombol record untuk merekam
  4. Klik tombol stop record untuk berhenti merekam
  5. File rekaman akan tersimpan di folder Video laptop

Nah begitulah cara untuk merekam layar di Windows 10. Pengaturan suara rekaman bisa diatur melalui Game Bar, ada tiga opsi : game only, all, dan none.

Game only : merekam suara dalam permainan / aplikasi yang sedang berjalan saja. All : merekam suara aplikasi dan juga mikrofon yang terpasang. None : tidak ada suara yang direkam sama sekali.

Catatan penting :

  • Aplikasi bawaan Windows ini tidak bisa digunakan untuk merekam dekstop secara langsung. Misalnya pengguna sedang merekam aplikasi kemudian membuka desktop, maka perekaman akan terhenti secara otomatis.
  • Untuk mengatasi hal tersebut kembali lagi ke poin awal : gunakan aplikasi pihak ketiga / third party app yang memang dikhususkan untuk merekam layar.

Baca juga : Cara Merekam Google Meet

Tinggalkan Balasan