Cara Switching / Mengalihkan Reksa Dana Di Bibit

Switching Reksa Dana Bibit

Setelah membeli produk reksa dana sebuah manajer investasi, kadang kala investor mendapati ada produk lain yang menurutnya lebih prospek. Jika tak punya dana untuk membeli produk reksa dana baru, investor bisa melakukan switching / menukar reksa dana dengan catatan masih dalam satu manajer investasi.

Kali ini saya ingin mencontohkan switching reksa dana Sucorinvest Sharia Equity Fund menjadi Sucorinvest Equity Fund di Bibit. Kedua produk reksa dana ini dikeluarkan oleh Sucor Asset Management.

Jika sobat mencari artikel untuk cara menjual reksa dana bisa baca artikel : “Cara Menjual Reksa Dana Saham Aplikasi Bibit”

Disclaimer : artikel ini bersifat panduan dan langkah untuk menjual reksa dana. Bukan menyarankan untuk membeli atau menjual produk reksa dana tertentu. Seluruh keputusan investasi adalah tanggung jawab masing-masing investor.

Kelebihan Switching / Menukar Reksa Dana

Bermacam-macam alasan investor melakukan switching produk reksa dana, salah satunya karena menilai ada produk lain yang memberikan return lebih tinggi semisal dari pasar uang ke saham. Atau malah sebaliknya mencari risiko yang lebih rendah dengan memindahkan reksa dana saham ke reksa dana obligasi maupun pasar uang.

Sebagai contoh, jika saya memindahkan dana dari Sucorinvest Sharia Equity Fund ke Sucorinvest Equity Fund secara manual, maka saya perlu menunggu waktu lama untuk menjual reksa dana awal saya baru kemudian uangnya dibelikan reksa dana yang baru.

Hal itu memakan waktu lama, bisa beberapa hari : 2 hari untuk menjual dan 2 hari untuk membeli reksa dana baru. Apalagi jika rekening bank saya berbeda dengan bank kustodian, akan kena potongan transfer. Ini bisa mengurangi uang saya.

Dengan adanya fitur switching reksa dana di Bibit, investor bisa menghemat waktu dan biaya untuk menukar produk reksa dananya. Swicthing pun tidak dikenakan biaya oleh manajer investasi, alias gratis.

Cara Melakukan Switching Reksa Dana Di Aplikasi Bibit

Switching atau penukaran reksa dana hanya dapat dilakukan dengan produk dari satu manajer investasi yang sama. Contohnya, produk dari Sucor Asset Management hanya bisa ditukar dengan produk dari Sucor saja, produk dari Manulife Asset Management hanya bisa ditukar dengan produk dari Manulife saja.

Namun tidak semua produk reksa dana yang ada di aplikasi Bibit bisa ditukar dengan leluasa. Ada produk reksa dana yang tidak bisa ditukar walau dalam satu manajer investasi yang sama. Sobat bisa melihat di sini untuk mengetahui daftar reksa dana apa saja yang bisa dilakukan swicthing.

Cara melakukan switching reksa dana di Bibit :

  1. Pilih produk yang akan ditukar
  2. Pilih titik tiga di kanan atas
  3. Pilih “Switch Produk” untuk menukar produk reksa dana
  4. Tentukan akan ditukar dengan produk reksa dana apa
  5. Tentukan nilai yang akan dipindahkan / ditukar
  6. Klik “Switch”
  7. Order swicth out diterima
  8. Menunggu verifikasi oleh manajer investasi
  9. Switching berhasil

Lebih lengkapnya ada pada slideshow berikut ini :

Saya menukar reksa dana saham Sucorinvest Sharia Equity Fund ke Sucorinvest Equity Fund. Jumlah unit yang saya tukar adalah seluruh unit. Sobat bisa memilih dengan berapa unit yang akan ditukar sesuai keinginan.

Kesimpulan

Jika dirangkum, tahapan swicthing reksa dana yang saya lakukan sebagai berikut :

  • Kamis 25 Juni (20:27 WIB) : Melakukan Switch Out Sucorinvest Sharia Equity Fund ke Sucorinvest Equity Fund senilai 299.766 rupiah
  • Jumat 26 Juni (05:18 WIB) : Verifikasi Manajer Investasi Berhasil
  • Jumat 26 Juni (17:42 WIB) : Switch In Berhasil senilai 299.766 rupiah

Prosesnya cepat, sama seperti membeli reksa dana pada umumnya. Hanya perlu waktu dua hari kerja.

Switching reksa dana ini merupakan fitur yang cukup bermanfaat bagi para investor yang ingin menukar reksa dananya. Proses swicthing pun bisa dilakukan secara mudah dan transparan karena ada update secara berkala yang bisa dicek melalui menu transaksi. Sekian dan semoga bermanfaat untuk sobat sekalian yang berinvestasi di Bibit.

Tinggalkan Balasan