Digital Declutter : Beres-beres Digital Hadirkan Ketenangan Hati

Digital Declutter

Sudah 10 tahun lebih saya memakai komputer, menggunakan layanan internet dan hal digital lainnya. Banyak sekali akun di internet yang sudah saya buat. Banyak sekali file dan folder yang menumpuk di komputer dan laptop. Semua itu membuat hati saya tidak nyaman. Kok banyak banget ya file yang perlu saya kelola? Rasanya saya perlu beres-beres, saya perlu melalukan Digital Declutter!

Declutter secara bahasa berarti membuang / mengeluarkan barang yang sudah tidak terpakai, sehingga kamu punya ruang yang lebih luas. Nantinya akan lebih mudah untuk menemukan barang lain saat kamu membutuhkannya.

Inspirasi Digital Declutter ini saya dapat dari beberapa video di YouTube, dan juga terinspirasi dari buku Marie Kondo dengan metode beres-beresnya. Jika Marie Kondo mengajari kita beres-beres ruangan atau rumah, maka dalam Digital Declutter yang diberesi ada hal-hal yang ada dalam kehidupan digital kita.

Digital Declutter ini bisa dilakukan siapa saja. Asal punya niat dan tujuan yang jelas.

Saya pribadi melakukan Digital Declutter untuk menenangkan hati dan pikiran. Karena semakin banyak konten yang ada dalam dunia digital saya, membuat lelah untuk mengelolanya. Capek bosku hehehe.

Digital Declutter ini saya sederhanakan menjadi empat kategori umum. Ini menurut pengalaman saya, sudah saya lakukan. FYI, masih banyak panduan Digital Declutter lain di yang ada di internet. Tinggal browsing saja.

Empat kategori yang saya sebutkan akan dijabarkan caranya. Inilah empat kategori Digital Declutter yang saya lakukan :

  1. Komputer
  2. Email
  3. Sosial Media
  4. Gadget : Aplikasi, Media, dan Kontak

Yuk kita bahas lebih lanjut!

Komputer

Dalam komputer atau laptop ada banyak sekali hal yang bisa dibersihkan. Tahapan awal yang saya lakukan adalah membenahi layar dekstop saya, supaya tampil rapi. Hanya tampilkan shortcut yang perlu saja. Pilih wallpaper yang menenangkan hati.

contoh dekstop laptop saya

Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan untuk beres-beres laptop :

  1. Hapus file yang tidak perlu terutama di folder download dan my documents
  2. Kelompokkan file ke dalam folder yang tertata, beri nama yang rapi dan jelas
  3. Uninstall aplikasi atau software yang sudah tidak terpakai

Manfaatnya? Tampilan desktop akan lebih tertata, dan kinerja akan terjaga karena storage komputer menjadi lebih lega.

Email

Pernah kan menerima email promosi dari marketplace atau layanan ojol misalnya? Sering sekali memenuhi inbox.

Solusinya bagaimana? Buka email promosi yang masuk, scroll ke bawah pada email dan pilih menu unsubscribe atau berhenti berlangganan. Biasanya tulisannya kecil dan terletak di bawah. Tada! Setelah itu kamu tidak akan menerima email promosi kembali.

Contoh menu berhenti berlangganan pada bagian bawah email

Selain email promosi, hapus juga email yang menumpuk di kotak spam dan email tidak penting lainnya. Namun jangan langsung delete all ya.. cek dahulu, jangan-jangan ada email penting yang nyasar di kotak spam.

Sosial Media

Sosial media ini kadang membuat seseorang secara tidak langsung membandingkan dirinya dan orang lain. Merasa iri dengan orang lain.

Ikuti saja akun yang memberi value buat kamu, akun yang membuat hatimu tenang. Unfollow akun toxic yang membuatmu tidak nyaman. Tidak saling follow di sosial media bukan berarti memutus pertemanan di dunia nyata. Tombol follow dan unfollow memang disediakan oleh aplikasi sosmed dan hak kita untuk follow atau unfollow seseorang di sosial media.

Jika merasa sudah tidak butuh sosial media atau tidak akan menggunakannya dalam jangka waktu lama, bisa pertimbangkan untuk delete account saja.

Gadget : Aplikasi, Media, dan Kontak

Gadget adalah hal yang paling sering kita habiskan waktu bersamanya, hape dan tablet misalnya. Ada banyak Declutter yang bisa dilakukan pada gadget kamu :

  1. Aplikasi : hapus aplikasi atau apps yang sudah lama tidak kamu pakai, atau sudah tidak kamu butuhkan. Hal ini akan membuat storage hapemu menjadi lega.
  2. Media : hapus saja foto, video, atau apapun yang sudah tidak kamu perlukan. Seperti gambar lampiran di WA, chat yang sudah lama, screenshot yang sudah lama tidak terpakai, foto-foto lama yang hanya memenuhi storage. Hapus saja. Grup yang sudah tidak aktif, left saja.
  3. Kontak : hapus kontak yang sudah tidak kamu butuhkan, kontak yang sudah lama tidak kamu hubungi. Sebelum melakukan Declutter gadget, saya punya 400an lebih kontak di hape saya mulai dari teman SMP hingga kuliah. Setelah declutter hanya menyisakan 100an kontak saja, dan itulah orang-orang yang paling sering saya hubungi dan saya masih perlu menghubungi mereka di masa mendatang.

The Verdict

Sejauh ini itulah Digital Declutter yang sudah saya lakukan. Awalnya saya merasa berat untuk menghapus sesuatu yang saya anggap penting, apalagi menghapus foto dan unfollow akun-akun. Tapi pada akhirnya merasa lebih tenang karena melihat hape jadi lebih rapi dan feed sosial media menjadi bermanfaat. Ternyata yang sudah saya hapus tidak penting-penting amat.

Sejatinya declutter itu bukan hanya membersihkan file saja, tapi juga menghapus “perasaan” yang ada pada file tersebut. Misalnya merasa sayang pada sebuah foto, padahal foto itu di masa depan sudah tidak akan digunakan, dan sudah tidak relevan lagi dengan keadaan kita sekarang, apalagi foto yang membuat susah move on, dalam hal apapun itu. Hapus saja 😂

Digital Declutter, buat saya membuat hati menjadi lebih tenang. Kamu berani coba?

Baca juga :

Tinggalkan Balasan