Fitur Baru Galaxy A8 Star Setelah Update Android 10

Android 10 One UI 2 Galaxy A8 Star

Bagi sobat yang memakai ponsel Samsung Galaxy A8 Star, segera cek pada menu update perangkat lunak. Pasalnya pada 8 Mei 2020 lalu Samsung sudah merilis update Android 10 untuk Galaxy A8 Star region Indonesia.

Firmware terbaru ini dirilis dalam versi G885FDXU3CTD8 / G885FOLE3CTD8 / G885FDXU3CTD5, dengan ukuran file 1662,96 MB. Tingkat patch keamanan 1 April 2020. Pastikan punya koneksi internet yang lancar saat mengunduh firmware update.

Kumpulan Fitur Baru

Update ke Android 10 ini sudah lama saya nanti karena merupakan update terakhir untuk Galaxy A8 Star. Seri A dan seri flagship Samsung memang biasanya mendapat dua kali major update.

Android 10 membawa banyak fitur baru, dan khusus di Samsung juga membawa pembaruan user interface khas mereka One UI, yang kini sudah menjadi One UI 2.0

Setelah update selesai saya penasaran apa saja yang baru setelah update ke Android 10, apa saja yang berubah? Yuk kita simak.

Baca juga : Cara Mengatur Volume Aplikasi Berbeda di Samsung Galaxy

1. Lebih Mudah Dioperasikan Dengan Satu Tangan

One UI 2 lebih mudah digunakan dengan satu tangan
One UI 2 lebih mudah digunakan dengan satu tangan

Jika diperhatikan, komposisi konten di layar kini posisinya agak ke bawah. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan. Apalagi layar ponsel sekarang panjang-panjang jadi agak sulit untuk meraih seluruh area layar terutama bagian atas.

Komposisi konten yang berubah ini dijumpai hampir di seluruh komponen menu yang ada di One UI 2.0. Sebuah upgrade kecil yang sangat membantu. Apalagi Galaxy A8 Star punya layar memanjang dengan diagonal 6,3 inch.

2. Perekaman Layar Bawaan

Perekaman layar Samsung
Perekaman layar Samsung

Kabar baik, kini pengguna tidak perlu download aplikasi screen recorder untuk merekam tampilan layar. Android 10 sudah menyediakannya di panel quick setting, ada pada menu perekam layar.

Setting yang diberikan juga sudah sangat lengkap karena bisa merekam suara media dan mikrofon sekaligus. Cocok misalnya saat sobat gunakan untuk membuat tutorial atau merekam permainan game.

Kualitas perekaman layar juga bisa diatur resolusinya mulai dari 480p sampai dengan resolusi maksimal layar. Di Galaxy A8 Star sendiri resolusi maksimalnya sampai 1080p.

Baca juga : 5 Cara Jual Ponsel Bekas Supaya Cepat Laku

3. Gestur Baru Mirip Seperti iPhone

Pernah menggunakan iPhone dan suka dengan gesturnya? Jangan khawatir karena Android 10 juga memberikan gestur yang sangat mirip dengan milik iPhone. Cukup swipe dari bawah untuk menuju ke home maupun membuka recent apps. Lalu swipe dari samping untuk kembali.

Overall gesture yang diberikan cukup intuitif. Memang perlu waktu untuk menyesuaikan, tapi kalau sudah terbiasa akan lebih nyaman menggunakan gestur ini.

4. Interface Kamera Baru

Hal baru yang saya temui adalah layout menu kamera. Ikon-ikonnya banyak berubah. Kemudian sederet mode yang ada diringkas dalam menu “lainnya”. Untuk kualitas gambar ataupun perekaman video tidak ada perbedaan yang bisa saya amati.

5. Perawatan Perangkat

Menu perawatan perangkat jadi lebih rapi dan ada indikator di sisi kanan. Kemudian untuk riwayat penggunaan baterai menu tampilannya baru dan bisa menampilkan tren penggunaan baterai selama tujuh hari terakhir.

Baca juga : Perbedaan Charger Samsung Asli dan Palsu

6. Update Lainnya

Selain hal-hal tersebut ada banyak update kecil yang belum bisa saya jelaskan satu per satu. Contohnya :

  1. Hadirnya mode fokus.
  2. Panel SmartThings diganti menjadi Media dan Perangkat.
  3. Teks di atas wallpaper lebih baik. One UI otomatis menyesuaikan warna font berdasarkan area terang dan gelap serta warna gambar pada gambar di bawahnya.
  4. Animasi layar lebih bagus dan mulus.
  5. Ikon dan warna aplikasi dibuat lebih jelas.
  6. Tambahan fitur “sampah” pada kontak dan aplikasi file saya.
  7. Android auto yang otomatis muncul ketika terkoneksi ke mobil.
  8. Dan lain-lain.

Hal yang perlu diperhatikan saat update ke Android 10

  1. Jika sobat khawatir ada kehilangan data, lebih baik cadangkan dulu pesan-pesan atau riwayat chat supaya bisa dikembalikan setelah update. Namun sejauh ini selama menggunakan Samsung saya belum pernah mengalami kehilangan data karena update.
  2. Supaya kinerja One UI maksimal, setelah selesai update firmware segera update aplikasi bawaan Samsung seperti Kalkulator, Samsung Internet, Samsung Health, dan Samsung Notes untuk mendapat pengalaman yang lebih baik.

Apakah Galaxy A8 (2018) Akan Mendapat Update ke Android 10?

Hal ini sering ditanyakan oleh user Samsung Galaxy A8 (2018), apakah ponsel mereka akan dapat update ke Android 10?

Jawabannya adalah tidak. Berbeda dengan Galaxy A8 Star yang dirilis dengan Android 8.0 Oreo, Galaxy A8 (2018) pada awalnya dirilis dengan Android 7.0 Nougat. Dua major updatenya adalah Android 8.0 Oreo dan Android 9.0 Pie. Sehingga tidak mendapatkan update ke Android 10.

Tinggalkan komentar