Inilah Fungsi Aktivitas Login di Instagram

Ada kalanya seorang dihadapkan pada situasi di mana ia perlu login Instagram di perangkat / device yang bukan miliknya. Repotnya, jika lupa logout akun Instagram, bisa jadi pemilik perangkat akan iseng membuka-buka direct message (DM) atau melakukan hal iseng lainnya. Bagaimana cara mencegahnya?

Instagram sudah lama memberikan fitur aktivitas login. Dari situ sobat bisa tahu ia pernah login di perangkat apa saja beserta perkiraan lokasinya. Sehingga jika ada hal yang mencurigakan ia bisa melakukan logout untuk perangkat lain dan segera mengganti password.

Selain itu cara ini juga bisa digunakan untuk “mengira-ngira” dan mengetahui siapa yang sedang login ke akun Instagram sobat.

Pastikan sudah update Instagram ke versi terbaru. Lakukan langkah berikut ini.

Buka pengaturan Instagram -> Keamanan

Pengaturan Instagram

Kali ini saya contohkan dengan akun Instagram milik bersama / organisasi yang dikelola beberapa admin. Karena Instagram memang mengizinkan beberapa perangkat melakukan login secara bersamaan.

Saya akan mencontohkan cara untuk melihat perangkat apa saja yang digunakan untuk login ke akun ini.

Baca juga : Cara Copy Gambar Dan Foto Ke Instastory

Klik pada aktivitas login

Pengaturan Kemanan Instagram

Setelah klik pada aktivitas login akan muncul detail aktivitas login yang terjadi pada akun kita.

Aktivitas Login Instagram

Dari situ kita bisa mengira-ngira siapa yang sedang sedang login, karena tertera jenis device, waktu dan lokasi di mana dia mengakses. Tertera pada gambar :

  • Sedang aktif – Samsung SM-G885F = Galaxy A8 Star. Bertuliskan sedang aktif, itu adalah perangkat yang sedang saya gunakan untuk login.
  • 18 Oktober 2019. Apple iPhone. Untuk device iPhone tidak bisa mengetahui seri berapa.
  • 17 Oktober 2019. Sasung SM-J105F = Galaxy J1 Mini

Kode perangkat ini bisa kalian cari di Google, cukup tuliskan saja kodenya nanti akan muncul itu perangkat apa.

Untuk melakukan logout pada device yang tidak diinginkan, cukup klik pada perangkat yang diinginkan. Maka secara otomatis akun tersebut akan logout dari perangkat yang dipilih.

Jika akun Anda adalah akun pribadi dan Anda menemukan ada aktivitas login yang mencurigakan sebaiknya segera logout perangkat tersebut sesuai cara di artikel ini dan segera mengganti password. Selamat mencoba!

Catatan : perkiraan lokasi aktivitas itu sering kali kurang akurat, karena terkadang lokasi ditentukan oleh server jaringan. Jadi yang bisa dijadikan patokan utama adalah device yang digunakan untuk login.


Baca juga :

29 pemikiran pada “Inilah Fungsi Aktivitas Login di Instagram”

  1. Ka kalo akun saya cuma ada tulisan device nya saja tanpa ada nama perangkat nya itu kaya gimana yah? Apa akun ig saya jg dibuka org lain padahal saya sudah ganti password berulang kali setiap itu terjadi

    Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Beberapa merk memang hanya muncul nama devicenya saja, contohnya keterangan device CPH1909 itu sama dengan kode device untuk Oppo A5s. Kode-kode lainnya bisa dicari di Google ya..

      Balas
      • Kak saya udah keluarin orang” yg login ig saya, udah diganti juga pw nya tapi ttp aja dia login lagi. Saya di bekasi tapi aktivitas login nya dari surabaya dan device nya merk hp saya tapi tulisannya Surabaya kn harusnya Bekasi. Itu harus diapain ya

        Balas
        • Iya betul, lokasi bisa saja berubah karena mengikuti jaringan / operator yang dipakai. Patokan utama device aja ya, pasti akurat kalau device

          Balas
  2. Catatan : perkiraan lokasi aktivitas itu sering kali kurang akurat, karena terkadang lokasi ditentukan oleh server jaringan. Jadi yang bisa dijadikan patokan utama adalah device yang digunakan untuk login.
    .
    .
    .
    .
    Betul banget, lha itu yg sering tak alami, aktip di mane lokasi loginnya dmne tp tetep devicnue sama

    Balas
  3. saya udaah sering dan berulang kali coba dan menganganti password tapi tetap muncul lokasi yang tidak sesuai.
    mohon solisi dan petunjuknya

    Balas
    • untuk lokasi memang kadang tidak akurat kak karena itu mendeteksi lokasi jaringan / server terdekat. yang cukup akurat adalah jenis devicenya. Kalau devicenya sama bisa jadi itu device kakak sendiri.

      Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Setelah ganti password tidak bisa lihat aktivitas login yg lama kak, yg muncul hanya aktivitas login dgn password terbaru

      Balas
    • sejauh yang saya amati akurat kak. coba saja login lewat komputer, lalu cek di hp, langsung muncul nanti aktivitas loginnya.

      Balas
  4. Kalau ada devide yg berbeda dari yg biasa kita pakek,habis tuh langsung aku ganti password nya kan tapi devide yg berbeda dari yg biasa aku pakek muncul terus udah 4 kali aku ganti password tapi devide yg berbeda masih bisa masuk ke akun ig ku.itu gimna ya?

    Balas
    • Sudah betul kak diganti password. Utk selanjutnya bisa buka aktivitas login, klik di nama device yg berbeda, pilih tiga titik di bagian kanan namanya, terus pilih opsi “keluar dari perangkat ini / logout”. Selamat mencoba

      Balas
  5. kalo tanggalnya yang ga menentu loncat” gitu, trus aktivitas loginnya ga banyak juga cma ada 3 atau 4 padahal login terus. gimana ya?

    Balas
    • Tanggalnya menyesuaikan kapan login. Jadi yg tampil di aktivitas login itu dihitung setelah logout lalu login lagi atau ada login baru dari device yg berbeda. Kalau ga pernah dilogout dari satu device engga muncul keterangan loginnya kak.

      Balas
  6. Lokasi saya di bandung, tapi di aktivitas login malah bekasi terus. Pake akun yg lain pun malah bekasi terus. Tapi kalau device sesuai dgn yg saya pakai skrg. Itu gimana cara memperbaikinya biar sesuai lokasi nya. Terimakasih

    Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Untuk lokasi saya blm menemukan cara memperbaikinya karena itu juga berdasarkan jaringan gan.. sementara patokan yg akurat adalah device yg digunakan..

      Balas
  7. Sama nih kak aku lokasi di bekasi tapi aktivitas login tidak sesuai di cibarusah kadang di klari jawa tengah. Jadi untuk lokasi login yg tepat di instagram belum terupdate ya kak patokannya untuk sementara di devicenya

    Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Iya betul, lokasinya sering tidak akurat. Yang akurat dan bisa dijadikan patokan adalah device yang digunakan.. Hehe

      Balas
  8. Kalau lokasi nya tidak tepat bagaimana cara menggantinya? Padahal saya dibali tapi aktivitas loginnya di semarang. Jadi agak was²an dikira orang jauh bisa login instagram saya

    Balas
    • Terima kasih sudah berkunjung. Iya saya juga mengalami seperti itu. Login dari Jogja, tapi tertulis Surabaya. Nampaknya lokasi ini bisa dipengaruhi operator / server jaringan yang sedang dipakai, sehingga lokasinya bisa berpindah-pindah. Saya juga belum menemukan referensi supaya bisa mengakses lokasi login yang tepat.

      Jadi yang saya jadikan patokan hanya device. Kalau ada device yang berbeda dari yg biasa kita gunakan patut waspada. Langkah pencegahan yg bisa dilakukan dengan ganti password secara rutin dan jangan meninggalkan akun di device orang lain tanpa logout

      Balas

Tinggalkan Balasan