Inilah Fungsi Aktivitas Login di Instagram

Ada kalanya seorang dihadapkan pada situasi di mana ia perlu login Instagram di perangkat yang bukan milikinya. Repotnya, jika akun lupa logout, bisa jadi pemilik perangkat akan iseng membuka-buka direct message ataupun melakukan hal iseng lainnya. Bagaimana cara mencegahnya?

Instagram sudah lama memberikan fitur aktivitas login. Dari situ pengguna bisa tahu ia pernah login di perangkat apa saja beserta perkiraan lokasinya. Sehingga jika ada hal yang mencurigakan ia bisa melakukan logout untuk perangkat lain dan segera mengganti password. Selain itu cara ini juga bisa digunakan untuk mengira-ngira siapa yang sedang login ke akun Instagram kita.

Buka pengaturan -> Keamanan

Pengatuan Instagram

Kali ini saya contohkan dengan akun Instagram milik bersama yang dikelola beberapa admin. Karena Instagram memang mengizinkan beberapa perangkat melakukan login secara bersamaan.

Klik pada aktivitas login

Pengaturan Kemanan Instagram

Setelah klik pada aktivitas login akan muncul detail aktivitas login yang terjadi pada akun kita.

Aktivitas Login Instagram

Dari situ kita bisa mengira-ngira siapa yang sedang sedang login, karena tertera jenis device, waktu dan lokasi di mana dia mengakses.

Untuk melakukan logout pada device yang tidak diinginkan, cukup klik pada perangkat. Maka secara otomatis akun tersebut akan logout dari perangkat yang dipilih.

Jika akun Anda adalah akun pribadi dan Anda menemukan ada aktivitas login yang mencurigakan sebaiknya segera logout perangkat tersebut sesuai cara di artikel ini dan segera mengganti password. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan