iPhone 7 Plus Untuk Tahun 2020

Kabar gembira untuk Anda yang sedang berburu seri iPhone dengan budget terbatas. Akhir januari lalu iBox telah resmi mengumumkan harga baru iPhone 7 Plus varian 128 GB menjadi 5,999 juta rupiah saja. Ini bisa dibilang sebuah big deal, mengingat storage tersebut terbilang besar.

Dengan harga barunya itu, apakah iPhone 7 Plus 128 GB masih layak dimiliki di tahun 2020? Mari simak beberapa pertimbangan berikut!

Ini Ponsel Keluaran Tahun 2016

Perlu diingat, iPhone 7 Plus dirilis Apple pada September 2016 lalu. Artinya ponsel ini sudah berusia 3 tahun lebih. Waktu 3 tahun adalah waktu yang lama bagi teknologi ponsel untuk berkembang. Di samping segala kelebihannya, tentu iPhone 7 Plus memiliki beberapa ketertinggalan dibanding seri iPhone terbaru, misalnya kualitas kamera maupun kecepatan prosesor.

Masih Menggunakan Bodi Metal

Gambar oleh GSMArena.com

iPhone 7 Plus memiliki bodi metal, masih sama dengan iPhone seri sebelumnya. Belum menggunakan kaca seperti iPhone 8 dan setelahnya. Kekurangannya adalah saat digunakan di tempat panas seperti di bawah terik matahari, bodinya juga akan lebih mudah ikut panas. Anda yang sudah pernah memakai iPhone seri 6 pasti memahami maksud saya mengenai panas tersebut.

Dual Rear Camera

Menjadi iPhone pertama yang mengusung dual kamera, iPhone 7 Plus memiliki kemampuan untuk mengambil foto bokeh. Sebuah nilai tambah dibanding saudaranya yang dirilis bersamaan yakni iPhone 7 yang hanya mengusung satu kamera belakang. Kamera iPhone dikenal memiliki tone warna yang natural dan punya kemampuan merekam video dengan dynamic range yang sangat baik. Namun untuk low light performanya tidak segarang penerusnya. Karena memang belum memiliki fitur Night Mode.

Baterai dan Layar Lebih Besar

Varian plus dengan diagonal layar 5,5 inchi banyak dipilih mereka yang menginginkan iPhone dengan ukuran layar besar. Dimensi yang lebih besar ini pun membuat Apple bisa membenamkan baterai 2900 mAh ke dalam bodi iPhone 7 Plus. Untuk penggunaan casual : sosmed, chatting, dan browsing ringan iPhone 7 Plus masih bisa diandalkan selama seharian. Di dalam box hanya akan dijumpai charger 5 watt yang memiliki charging time cukup lama. Kalau ingin charging lebih cepat bisa gunakan adapter lain, misalnya adapter 10 watt milik iPad lama.

Prosesor A10 Fusion dan Penyimpanan 128 GB

Menggunakan prosesor A10 Fusion, prosesor ini masih cukup mumpuni untuk menjalankan tugas ringan hingga menengah di iPhone 7 Plus. Perlu diketahui, Apple saja masih menggunakan prosesor ini untuk iPad 10.2 model 2019 mereka. Dengan paduan 3 GB RAM dan memori 128 GB, iPhone 7 Plus masih bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 128 GB terbilang besar untuk sebuah ponsel. Bisa menginstall banyak aplikasi maupun menyimpan ribuan foto dan video.

Dapat Update iOS 14

Sudah beredar rumor oleh situs iphonesoft device Apple apa saja yang akan mendapatkan update iOS 14 tahun ini. Bisa ditebak, iPhone 7 Plus masuk ke dalam daftar tersebut. Tidak heran, Apple memang dikenal rutin memberikan major update untuk iPhone mereka dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak seperti ponsel Android yang biasanya hanya dapat 1 hingga 2 kali major update.

Kehilangan Port Jack Audio

Kalau Anda menyukai earphone dengan kabel jack, maka iPhone 7 Plus bukan pilihan yang tepat. Seri ini adalah awal bagi Apple menghilangkan jack audio di lini iPhone mereka. Menggantinya dengan earphone lightning dan kemudian memasarkan Air Pods. Di dalam paket penjualan akan mendapat earphone bawaan yang ujungnya menggunakan lightning, juga ada adapter lightning to jack audio.

Home Button Berbeda

Yap, bagi yang terbiasa menggunakan home button iPhone seri lawas sampai seri 6, memencet home button tidak akan bisa dilakukan di iPhone 7 Plus. Karena iPhone 7 Plus menggunakan home button model touch yang dilengkapi taptic-engine, tombolnya tidak bisa dipencet, namun taptic-engine memberikan getaran yang sensasinya seperti memencet tombol fisik.

Apakah Layak Dibeli di Tahun 2020?

Jawaban saya.. iya. Ponsel ini masih nyaman digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Kameranya juga terbilang mumpuni, upgrade cukup banyak dibanding seri iPhone 6S. Selain itu, varian memori 128 GB adalah sebuah big deal. Hanya dengan budget 5,999 juta rupiah sudah dapat varian memori sebesar ini. Bisa digunakan untuk menyimpan banyak foto dan video dengan resolusi tinggi.

Jika menginginkan iPhone dalam keadaan baru alias Brand New In Box (BNIB) dan bergaransi resmi dengan budget mentok 6 juta, hanya inilah pilihan yang bisa diperoleh. Namun jika dana bisa dimelarkan 500 ribu sampai 1 juta. Bisa dapat iPhone 8 dan iPhone X kondisi bekas.

Alternatif Ponsel Android Harga 6 Jutaan

Kalau ingin menyebrang ke ponsel Android, harga 6 juta dihuni oleh beberapa device seperti :

  • Samsung Galaxy A71
  • Xiaomi Black Shark 2
  • ASUS Zenfone 6
  • OPPO Reno 2F
  • dan ponsel-ponsel lainnya.

Sekali lagi saya ingatkan, pilihan kembali kepada Anda. Mempertimbangkan kebutuhan sehari-hari dan juga budget yang tersedia adalah salah satu cara memutuskan pembelian yang bijak.

Tag:

1 tanggapan pada “iPhone 7 Plus Untuk Tahun 2020”

Tinggalkan Balasan