Kabar Baik iPhone 6S Masih Dapat Update iOS 14

iPhone 6S Dapat iOS 14

Kabar baik bagi para pengguna iPhone 6S dan juga 6S Plus karena device mereka akan mendapat update iOS 14.

Hal ini merupakan kabar baik bagi pengguna iPhone 6S series. Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel “iPhone 6S Plus Di Tahun 2020”, meski kemungkinan besar iOS 13 adalah versi terakhir untuk seri 6S, namun waktu itu sudah ada rumor bahwa iOS 14 akan lebih ringan dan bisa digunakan oleh iPhone 6S juga.

Sekarang sudah terbukti bahwa iPhone 6S series masih akan mendapatkan update iOS 14. Sangat keren mengingat biasanya Apple hanya memberi 3-4 major update, namun untuk iPhone 6S series mendapat 5 major update : iOS 10, iOS 11, iOS 12, iOS 13, dan iOS 14.

Seri iPhone Yang Dapat Update iOS 14

Kemungkinan besar iOS 14 akan dirilis resmi pada musim gugur tahun 2020, sekitar bulan September bersamaan dengan rilis seri iPhone baru di tahun 2020 ini. Sedangkan untuk beta tester akan dirilis Apple mulai bulan Juli tahun ini.

Pihak Apple menyampaikan bahwa iOS 14 dapat berjalan / running di seri iPhone 6S dan setelahnya (lebih baru). Artinya device yang dapat menjalankan iOS 14 sama dengan device yang mendapat update iOS 13.

Dengan begitu, inilah daftar iPhone dan iPod yang mendapatkan update iOS 14 :

  1. iPod Touch (Generasi 7)
  2. iPhone SE (Generasi 1)
  3. iPhone SE (Generasi 2)
  4. iPhone 6S
  5. iPhone 6S Plus
  6. iPhone 7
  7. iPhone 7 Plus
  8. iPhone 8
  9. iPhone 8 Plus
  10. iPhone X
  11. iPhone XR
  12. iPhone XS
  13. iPhone XS Max
  14. iPhone 11
  15. iPhone Pro
  16. iPhone Pro Max

Seri iPhone 6S dan 6S Plus sebenarnya sudah tidak beredar lagi di toko-toko retail Apple di Indonesia seperti iBox. Namun seri ini masih ramai menghiasi toko-toko iPhone bekas karena masih banyak peminatnya.

Untuk mengetahui apakah iPhone 6S, khususnya 6S Plus masih layak atau tidak digunakan di tahun 2020, sobat bisa membacanya di artikel “iPhone 6S Plus di Tahun 2020”. Karena meski mendapatkan update iOS 14, tentu ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum meminangnya di tahun ini.

Jika sobat mencari device yang lebih baru dari iPhone 6S, retail Apple seperti iBox masih menjual varian iPhone 7 Plus storage 128 GB. Harganya ada di kisaran 6 juta rupiah.

Apakah iPhone 7 Plus storage 128 GB masih layak / worth it di tahun 2020 sobat bisa menyimaknya pada artikel “iPhone 7 Plus Di Tahun 2020”.

Fitur Baru iOS 14

Layaknya sebuah update pada umumnya, iOS 14 membawa pembaharuan pada sisi fungsi dan juga tampilan yang berbeda dibanding iOS 13. Apa saja itu?

Widget di Home Screen

Akhirnya iPhone memiliki fitur widget yang ada di home screen. Widget ini sangat berguna dan lebih informatif karena ukurannya lebih besar dibanding ikon biasa.

App Library

Dengan fitur ini tampilan aplikasi akan dikelompokkan secara otomatis misalnya : aplikasi yang disarankan, aplikasi terbaru, sosial, hiburan, kreativitas, dan sebagainya.

Picture in Picture

Dengan mode Picture in Picture pengguna dapat menonton video maupun berbicara melalui FaceTime sambil menggunakan aplikasi lain. Cara kerjanya : FaceTime atau video yang sedang diputar akan ditampilkan melalui ikon kecil yang dapat ditaruh di posisi yang pengguna suka.

App Clip

Ini hal yang cukup dinanti pada iOS 14. Dengan App Clips, pengguna dapat menggunakan fitur-fitur sebuah aplikasi tanpa perlu mendownload seluruh aplikasinya. Misalnya sobat ingin menyewa sepeda, membeli kopi, membayar biaya parkir hanya dengan scan kode – tidak perlu download aplikasinya.

Pin Pesan Penting

Melalui Message App, pengguna sekarang bisa memberi pin pada percakapan yang penting. Caranya dengan melakukan swipe kanan pada chat yang diinginkan.

Ada juga update fitur lain yang tidak kalah penting seperti :

  1. Memoji baru yang lebih ekspresif dan juga detil
  2. Pada Health app, Apple sudah mendukung Sleep Tracking pada Apple Watch
  3. Digital car keys, yang memungkinkan iPhone ataupun Apple Watch digunakan untuk membuka mobil.
  4. CarPlay yang bisa digunakan untuk mengganti wallpaper
  5. Update perlindungan privasi
  6. dan masih banyak fitur lainnya

Tinggalkan Balasan