Pengalaman Klaim Ganti Laptop di EL’S Jogja

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi laptop adalah garansi yang diberikan. Termasuk garansi yang ditawarkan oleh toko. Ada toko yang menyediakan garansi replace jika dalam 1 x 24 jam produk yang dibeli rusak. Ada juga toko yang langsung menyerahkan produk ke service centre jika produk yang dibeli rusak.

Adapun salah satu manfaat garansi adalah memberi rasa aman kepada konsumen. Supaya tidak khawatir jika di kemudian hari ditemukan kerusakan atau cacat pada produk yang ia beli.

Disclaimer : artikel ini tidak disponsori brand maupun toko manapun, murni pengalaman pribadi penulis

Layar ZenBook Bergaris

ZenBook 14 UM431DA yang saya beli beli beberapa waktu lalu ternyata mengalami cacat layar setelah empat hari pemakaian! Baru dipakai empat hari sudah muncul garis berwarna hijau ungu di layarnya.

Sedangkan problem kecil yang saya temukan sejak beli adalah layar berkedip (flickering) di kecerahan yang rendah (10 – 20%). Jadi brightnessnya itu meredup, lalu kembali normal dengan cepat. Kalau gak diperhatikan gak akan begitu kelihatan. Setelah saya searching, ini memang karakter layar di seri UM431DA. Dari situs notebookchek.com dalam reviewnya menjelaskan memang terjadi flickering saat brightness dibawah 20% yang cukup kentara oleh mata karena adanya PWM (Pulse-Width Modulation). Setiap laptop memiliki kadar PWM yang berbeda-beda, ada orang yang bisa notice flickering layar dengan mudah dan ada yang tidak, namun mohon maaf saya belum bisa menjelaskan lebih banyak.

Layar ZenBook bergaris
Layar ZenBook bergaris, perhatikan tanda panah

Awalnya saya kira itu hanyalah masalah driver layar yang belum diupdate. FYI, driver yang bermasalah bisa menyebabkan tampilan layar tidak normal, seperti terjadi flickering, berkedip, maupun garis-garis berjalan.

Setelah saya update, tidak terjadi perubahan. Lalu saya coba masuk ke mode BIOS ASUS dengan menekan tombol F2 saat booting. Jika garis masih muncul, maka itu indikasi kerusakan hardware, bukan kerusakan driver maupun software. Benar saja layarnya masih menunjukkan garis. Dugaan kuat bahwa ini cacat layar dari pabrik.

Saya jadi ingat di nota pembelian laptop sudah termasuk EL’S Total Care Plus senilai Rp 75.000,00. Dengan EL’S Total Care Plus saya bisa melakukan klaim, dan di brosurnya ada keterangan akan mendapat ganti unit baru jika dalam 14 hari pembelian terdapat kerusakan pabrik. Laptop saya beli di tanggal 25 Februari 2020, kerusakan layar terjadi tanggal 28 Februari 2020, kemudian klaim saya lakukan Sabtu, 29 Februari 2020.

Mengenai Garansi EL’S Total Care Plus

Dikutip dari EL’S.co.id, layanan EL’S Total Care Plus merupakan layanan khusus untuk melindungi pelanggan dari hal-hal yang tidak terduga.

Beberapa keunggulan dari layanan ini adalah

  • Bebas ganti notebook. Berlaku 3 hari sejak pembelian, dalam waktu tersebut jika melakukan tukar tambah laptop akan dihargai 100%, laptop pengganti harus lebih mahal dan ada biaya admin sebesar Rp 50.000,00
  • Penggantian baru jika terjadi kerusakan pada awal pembelian. Berlaku 14 hari sejak pembelian, kerusakan harus sesuai prosedur garansi.
  • Memberikan jaminan tukar tambah atau jual kembali. Laptop akan dibeli dengan harga tukar tambah dan jual kembali yang jelas. Layanan ini tidak berlaku jika notebook masih dalam proses kredit.

Hari H Klaim Garansi

Dalam peraturan garansi, 14 hari replacement berlaku bila fisik dan kelengkapan masih sempurna (termasuk tas laptop jika ada dalam paket pembelian). Replacement tidak berlaku untuk barang mati total.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Klaim

Garansi tidak akan mencakupi software dan data. Karena laptop akan diganti baru, maka software dan data di laptop lama akan hilang. Baiknya Anda backup dulu semua file di laptop yang akan dilakukan klaim. Di service centre pun pada umumnya menerapkan aturan seperti ini, so.. sebelum klaim garansi pastikan back up semua data yang ada di device Anda.

Juga jangan lupa, klaim 14 hari replace ini untuk murni cacat pabrik ya. Kalau laptop jatuh, maupun kelalaian lain oleh pengguna yang mengakibatkan kerusakan tidak termasuk dalam garansi.

Prosedur Klaim

Di hari Sabtu 29 Februari 2020, saya membawa seluruh paket pembelian laptop sama seperti yang saya dapat ketika membeli. Yang bisa melakukan klaim adalah pembeli sendiri, nanti akan dimintai KTP sebagai bukti.

Ketika masuk di depan toko, saya bilang mau klaim laptop karena beberapa hari dipakai layarnya sudah rusak. Kemudian oleh promotor diarahkan menuju meja cek fisik, di ujung kanan meja ada mas-mas yang bertugas untuk mengecek fisik laptop.

Saya dilayani oleh petugas lain, saya jelaskan kerusakannya di mana. Saya bilang laptop dipakai normal dan tidak pernah jatuh. Kemudian petugas itu menyerahkan laptop ke mas-mas petugas cek fisik. Setelah dicek sebentar, layar laptop saya ternyata mengalami cacat pabrik, sehingga keputusannya adalah melakukan replace.

Saya diminta untuk meminjamkan KTP, Kartu ELS Total Care Plus, nota pembelian dan kardus laptop. Setelah dicek, semua lengkap, saya diambilkan unit pengganti yang baru.

Unit baru pun dicek dahulu oleh saya sebelum dibawa pulang. Aman tidak ada kendala. Layar flicker di brightness rendah masih ada karena PWM, itu memang karakter layar di unit ini. Bukan cacat pabrik.

Kesimpulan

Kembali ke poin awal. Setiap produk punya risiko untuk mengalami cacat, meskipun perusahaan sudah melakukan pengecekan di pabrik. Maka penting untuk memastikan kejelasan garansi produk yang akan Anda beli, meliputi garansi oleh brand maupun yang ditawarkan toko.

Ternyata varian ZenBook pun tak luput dari yang namanya problem maupun cacat pabrik berupa garis di layar. Harapannya ASUS bisa meningkatkan quality control produknya sebelum sampai ke tangan konsumen. Mengingat konsekuensi membuat laptop tipis adalah memberi penguatan pada sisi ketahanan layar.

Membayar Rp 75.000 sebagai “garansi toko”, atau bisa dibilang sebagai asuransi toko menurut saya cukup worth it. Apalagi saya sudah merasakan langsung manfaatnya. Kalau saja saya jadi beli online dan mengalami kerusakan tentu akan lebih lama melakukan perbaikan di Service Centre ASUS untuk mengganti layar. Sedangkan dengan ELS Total Care Plus saya tidak perlu menunggu lama, keputusannya cepat dan laptop saya langsung diganti saat itu juga.

Replace Laptop EL's
Unit replace yang berfungsi normal

Tinggalkan Balasan