Cara Membatasi Waktu Bermain TikTok

Enless scrolling, begitulah cara TikTok bekerja. Di halaman for your page (FYP) Anda akan terus-menerus disajikan video baru yang menarik sehingga Anda terus menerus melakukan scroll pada layar ponsel. Kadang hal ini yang membuat lupa waktu saat membuka aplikasi TikTok.

Menurut perusahaan Kleiner Perkins, pada akhir tahun 2018 saja rata-rata pengguna menghabiskan waktu 52 menit dalam sehari untuk membuka TikTok. Sedangkan di tahun 2020 menurut The Economic Times pengguna menghabiskan waktu sekitar 38 menit dalam sehari untuk membuka TikTok.

Itu studi yang dilakukan sebelum banyak orang terpaksa berkegiatan di rumah ya. Selama orang-orang berkegiatan di rumah sangat mungkin angkanya meningkat.

Algoritma TikTok memang akan menyesuaikan video mana yang cocok untuk ditampilkan ke pengguna. Dengan mengetahui mana video yang disukai, dikomentari, dibagikan atau bahkan video yang diberi tanda tidak suka algoritma TikTok akan bekerja. Dari hari ke hari pemakaian video yang muncul di FYP akan makin sesuai dengan selera penggunanya.

Hal itu dilakukan supaya pengguna betah berlama-lama di dalam aplikasi. Seperti aplikasi sosial media lainnya yang menginginkan pengguna untuk berlama-lama di dalam aplikasi.

Nah bagaimana jika Anda ingin membatasi waktu penggunaan di TikTok ini? Misalnya Anda sudah merasa kecanduan ataupun Anda ingin membatasi durasi pada ponsel yang digunakan anak Anda.

TikTok sudah menyediakan manajemen waktu layar di dalam aplikasinya. Dengan fitur ini pengguna bisa membatasi sampai berapa lama aplikasi bisa digunakan. Setelah melewati batas waktu pengguna akan dimintai password supaya bisa melanjutkan lagi.

Baca juga : Cara Membuat Efek Suara Bergetar (Shaky Voice) Di TikTok

Cara Membatasi Waktu Bermain TikTok

Cara ini saya gunakan di aplikasi TikTok yang utama, bukan versi lite. Saya sendiri belum mengetahui apakah ada atau tidak pengaturan ini di TikTok lite.

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Masuk ke menu pengaturan (kanan bawah pada ikon profil)
  3. Pilih Kesejahteraan Digital
  4. Aktifkan Manajemen Waktu Layar
  5. Atur batas waktu yang diinginkan diinginkan 40, 60, 90, atau 120 menit
  6. Tetapkan kata sandi
  7. Selesai
Cara membatasi waktu bermain TikTok
Langkah membatasi waktu bermain TikTok

Itulah cara untuk membatasi waktu bermain TikTok dengan mudah, karena pengaturannya sudah ada di dalam aplikasi. Setelah waktu habis, Anda masih bisa melanjutkan untuk bermain TikTok dengan memasukkan kata sandi yang telah ditetapkan. Namun setidaknya dengan cara ini pengguna bisa bertahap untuk mengontrol durasi penggunaannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar