Menambahkan Nama Sepeda Di Strava

Sendi sehat semangat gowes ya? Aminn..“, jadi ingat sebuah iklan yang cukup sering tampil di TV. Animo sepedaan masyarakat memang terasa di mana-mana. Penjualan sepeda meningkat, toko-toko laris, bahkan sampai kehabisan stok merk tertentu seperti Polygon contohnya. Sedikit cerita, saya sudah inden di RodaLink Jogja pun sudah beberapa minggu juga belum dikabari lagi, saking banyaknya antrean karena demand meningkat.

Salah satu activity tracker untuk para atlet penggemar olahraga adalah Strava. Aplikasi ini sudah ada cukup lama namun di masa sepedaan ini saya lebih sering melihat story IG teman yang berisi rute gowes mereka dengan aplikasi Strava. Karena penasaran, saya ikutan install, hehe.

Pengertian Strava

Apa itu Strava dan apa fungsinya? Fungsi Strava ini utamanya adalah activity tracker bagi para atlet atau orang yang sering berolahraga, dan bisa digunakan semua orang. Cukup install di ponsel sobat sekalian, tersedia di Android dan juga iOS.

Strava punya fitur utama yaitu pencatatan aktivitas sesuai fungsinya sebagai activity tracker. Misalnya pesepeda bisa mencatat rute yang mereka tempuh, waktu, ketinggian yang dicapai dengan Strava. Bagusnya, Strava juga memiliki fitur seperti sosial media sehingga bisa digunakan untuk follow atlet ternama atau teman-teman, ada kolom komentar juga untuk berinteraksi.

Supaya maksimal. Akan lebih bagus lagi kalau Strava dikoneksikan ke gear yang mendukung untuk pencatatan. Misalnya smartwatch ataupun GPS untuk sepeda, dan sebagainya. Namun fitur ini bisa didapat jika sobat punya alatnya dan menggunakan Strava yang berbayar. Mengingat jika hanya mengandalkan GPS ponsel kadang sering “loncat” dan pencatatan rutenya tidak akurat.

Menambahkan Nama Sepeda Di Strava

Mungkin sobat pernah lihat di feed teman di bawah rute gowes ada nama sepeda yang digunakan. Hal ini juga bisa sobat lakukan dengan mudah, untuk versi gratis pun disediakan pengaturan ini.

Cara menambahkan nama sepeda di STRAVA :

  1. Buka Strava.com melalui browser web
  2. Login dengan akun sobat
  3. Pilih menu settings
  4. Pilih menu my gear
  5. Pilih add bike untuk menambahkan sepeda
  6. Isi nama dan keterangan sepeda
  7. Klik Save Bike

Sobat bisa menambahkan banyak sepeda sekaligus dan memilih sepeda mana yang menjadi default bike atau sepeda utama. Dengan menu ini, bagusnya sobat bisa mengetahui sepeda sudah digowes sejauh apa, apalagi jika sobat selalu menyalakan Strava sebelum gowes.

Setting penambahan sepeda atau sepatu bisa dilakukan melalui Strava yang diakses melalui web browser. Jadi pastikan sobat mengakses lewat web browser ya. Login dengan akun sobat, lalu pilih menu setting dengan memencet foto profil di pojok kanan atas.

Lihat di bagian kiri ada menu My Gear. Pilih menu ini untuk menambahkan sepeda yang sedang sobat gunakan. Bisa juga digunakan untuk menambahkan sepatu yang sedang sobat gunakan. Untuk menambahkan nama sepeda di Strava cukup pilih “add bike”.

Lengkapi data sepeda yang sobat gunakan. Nama sepeda bisa diisi bebas. Tipe sepeda diisi sesuai jenisnya, misalnya MTB atau Road Bike. Jangan lupa isi beratnya juga, berat sepeda bisa sobat cek melalui internet. Kalau tidak diisi beratnya tidak bisa disave. Kolom notes bisa dikosongi saja.

Langkah menambahkan sepeda di Strava sudah selesai. Jika sobat memiliki beberapa sepeda, sobat bisa memilih yang sedang digunakan dengan memilih melalui titik hitam di kolom default.

Jika sudah selesai jangan lupa logout akun, dan selamat gowes ya. Sekarang nama sepeda akan muncul pada bagian bawah jika sobat sudah selesai gowes.

Tinggalkan komentar