Pengalaman Mencari PIN AdSense Di Kantor Pos Plemburan Jogja

PIN Adsense Jogja

Salah satu hal yang dinanti para publisher Google AdSense adalah saat ambang batas penghasilan mereka sudah terpenuhi untuk segera verifikasi alamat. Setelah itu perlu dilakukan verifikasi identitas, nomor rekening dan juga alamat.

Untuk verifikasi identitas, nomor rekening dan juga alamat bisa dilakukan setelah saldo AdSense mencapai 10 USD atau menurut Google setara dengan 130.000 rupiah. Sedangkan ambang batas pembayaran minimum untuk AdSense Indonesia adalah setara 1.300.000 rupiah.

Verifikasi identitas sangatlah mudah karena hanya perlu mengupload foto identitas (KTP) dengan jelas : tidak buram, semua tulisan terbaca jelas, tidak ada foto yang terpotong.

Verifikasi rekening pembayaran juga mudah karena sobat cukup memasukkan nomor rekening dan menunggu Google mengirimkan uang dengan nominal di bawah 1.000 rupiah ke rekening sobat. Cek mutasi di rekening, lalu masukkan angka nominalnya di halaman verifikasi akun AdSense. Beres.

Tahapan Verifikasi Alamat

Selanjutnya adalah verifikasi alamat. Hal ini yang susah-susah gampang. Karena usaha yang bisa sobat lakukan adalah mengisi alamat dengan benar sesuai identitas. Verifikasi alamat menggunakan surat berisi PIN yang dikirim dari Google Malaysia. Untuk selanjutnya disalurkan melalui POS Indonesia.

Tidak seperti surat atau paketan pada umumnya, surat dari Google AdSense tidak dilengkapi dengan nomor resi, sehingga tidak bisa dilacak sendiri melalui web. Kalau melacak mesti datang ke kantor pos terdekat.

Pengiriman PIN AdSense

Di keterangan pengiriman surat AdSense tertera bahwa surat akan sampai dalam jangka waktu 2-4 minggu. Cukup lama ya? Pada kali ini, saya mengajukan PIN pertama pada tanggal 12 Juni 2020.

Setelah hampir satu bulan, tepatnya pada tanggal 9 Juli 2020 PIN belum saya terima. Dan saya memutuskan untuk mengecek di kantor pos terdekat. Alamat saya berada di dekat Jalan Kaliurang sehingga saya mengecek di Kantor POS Plemburan yang merupakan Delivery Centre. Alamat lengkapnya :

Melakukan pengecekan ke kantor pos sebenarnya tidak wajib. Namun pada kenyataannya banyak kejadian surat PIN AdSense tidak kunjung diterima para publisher. Entah karena ada masalah di pengiriman atau alamat kurang jelas, hanya pihak pos yang tahu. Pasalnya surat PIN dikirim dari Google Malaysia.

Mengecek PIN AdSense ke Kantor Pos Plemburan

Saya berangkat menuju kantor pos Plemburan tanggal 9 Juli 2020 pada jam kerja. Di bagian depan ada dua pintu, untuk pengiriman dan juga customer service. Masuklah lewat pintu customer service untuk mengantre di sana.

Alhamdulillah saat itu suasana sepi, sehingga bisa langsung bicara dengan mbak CS, maaf saya lupa namanya. Saya bilang, menanyakan surat AdSense atas nama saya di alamat saya sudah dibawa kurir atau belum?

Cukup kaget karena mbak CS menanyakan resi. Wah jelas saya tidak punya karena PIN AdSense dari Google juga tidak ada nomor resinya. Kemudian mbak CS bilang kalau tidak ada resi tidak bisa dicek.

Untungnya dari rumah saya sudah mempersiapkan kertas berisi nama, alamat dan nomor telepon saya dan di atasnya saya tulisi “Google AdSense”. Memang tujuannya supaya bisa dikontak kalau surat sudah sampai.

Kemudian kertas itu saya serahkan ke mbak CS, lalu mbak CS menanyakan ke temannya. Untungnya ada yang paham mengenai surat AdSense memang tidak ada resinya. Kemudian beliau inisiatif menelpon kurir yang mengantar untuk area di alamat saya.

Baca juga : Perbedaan VivoBook dan ZenBook

Sempat ditelpon beberapa kali namun tidak kunjung diangkat. Memang bapaknya sedang keliling melakukan pengantaran. Alhamdulillah ketika ditelpon yang terakhir kali beliau mengangkat.

Kemudian ditanyakan apakah ada surat AdSense atas nama saya. Ternyata belum ada di daftar pengantaran pak pos. Kemungkinan memang belum sampai ke Jogja atau bahkan belum sampai Indonesia. Wah.. yasudah kalau begitu. Sabar.. hehe.

Mbak CS meminta kepada pak pos jika ada surat atas nama saya nanti ditaruh di CS saja. Kertas berisi alamat dan no telpon tadi diminta mbak CS, akan dikabari kalau surat sudah sampai. Alhamdulillah ada solusinya..

Mengapa saya sampai mendatangi kantor POS? Karena saya khawatir surat tidak berhasil diantarkan karena alamat yang saya input sesuai alamat KTP, tidak lengkap karena belum ada nomor dan gang.

Update 12 Juli 2020 : PIN Pertama Belum Datang, Mengajukan PIN Kedua

Tepat pada tanggal 12 Juli 2020 atau satu bulan setelah pengiriman PIN pertama, suratnya belum saya terima juga. Sehingga saya mengajukan pengiriman PIN kedua namun menggunakan alamat yang lebih lengkap, disertai dengan nama-nomor gang rumah dan nomor telepon.

Update 18 Agustus 2020 : PIN Pertama dan Kedua Belum Datang, Mengajukan PIN Ketiga

Sudah lewat dari 12 Agustus atau tepat 1 bulan dari pengiriman PIN kedua yang belum datang. Lalu saya mengajukan PIN ketiga atau kesempatan terakhir dengan alamat yang sama persis dengan KTP. Untuk jaga-jaga kalau tidak ada yang sampai saya masih bisa verifikasi PIN AdSense dengan identitas seperti KTP dan buku rekening.

Update 22 Agustus 2020 : PIN Kedua Akhirnya Datang Diantar Pak Pos

Hari ini adalah Sabtu 22 Agustus 2020. Saya sudah punya rencana hari Senin mau berangkat mengecek lagi ke kantor Pos Plemburan. Namun alhamdulillah siang harinya ada Pak Pos datang ke rumah saya mengantarkan PIN AdSense. Senang sekali rasanya.

Setelah saya cermati PIN yang datang adalah PIN yang kedua karena alamatnya lengkap (termasuk nama dan nomor gang yang tidak ada di KTP).

PIN kemudian saya masukkan ke akun AdSense untuk verifikasi alamat. Dan seluruh proses verifikasi saya sudah selesai : verifikasi KTP, verifikasi rekening bank, dan verifikasi alamat dengan PIN AdSense.

Tips Supaya PIN AdSense Sampai Ke Rumah

Idealnya PIN AdSense akan sampai ke alamat rumah dalam waktu 2 hingga 4 minggu. Namun pada kenyataannya banyak yang mundur lebih lama. Hal ini bisa juga disebabkan karena kondisi sedang pandemi, mengingat PIN AdSense dikirim dari Malaysia.

Agar PIN cepat sampai, baiknya isi alamat dengan alamat yang lengkap sehingga memudahkan Pak Pos mencari alamat sobat sekalian.

Ada tiga kesempatan untuk request PIN. Request pertama dan kedua coba pakai alamat yang lengkap, jika alamat di KTP belum lengkap. Lalu request yang ketiga ubah lagi alamat menggunakan alamat yang sama persis dengan KTP supaya jika tidak ada PIN yang terkirim masih bisa verifikasi dengan KTP dan identitas lain.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan sobat bisa menuliskannya di kolom komentar, terima kasih.

Baca juga :

6 pemikiran pada “Pengalaman Mencari PIN AdSense Di Kantor Pos Plemburan Jogja”

  1. Saya mengajuka tanggal 18 Agustus mas. Tapi pakai alamat sesuai KTP. Ga terlalu lengkap sih, mudah-mudahan sampai gapapa ke kantor POS memang saya juga ga ada gangnya 😀

    Balas

Tinggalkan komentar