Mengatasi Suara Mikrofon Kecil di Laptop

Selama periode bekerja dan belajar dari rumah banyak kegiatan dilakukan secara online. Termasuk kegiatan belajar mengajar anak sekolah, perkuliahan mahasiswa dan juga kegiatan rapat.

Hal yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini digantikan dengan online menggunakan laptop maupun ponsel. Namun pernahkah Anda mengalami volume mikrofon laptop kecil sehingga suara Anda tidak terdengar jelas pengguna lain?

Saya sudah pernah mengalaminya, ketika sedang tutorial mata kuliah namun suara saya terdengar pelan oleh peserta lain. Kemudian saya mencoba cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya. Saya ingin membagikannya kepada pembaca sekalian.

Baca juga : Pengalaman Klaim Ganti Laptop Di EL’S Jogja

Cara Mengatasi Suara Mikrofon Kecil Di Laptop

Tips ini saya terapkan di laptop ASUS saya yang menjalankan Windows 10. Anda bisa mencoba satu per satu langkah di bawah untuk mengetahui manakah cara yang berhasil di laptop Anda.

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi suara mikrofon kecil atau pelan adalah sebagai berikut :

1. Bersihkan Lubang Mikrofon

Lubang mikrofon laptop biasanya ada di dekat web camera. Coba lihat apakah ada debu dan kotoran yang menutupi. Jika ada segera bersihkan.

Mikrofon yang terhalang debu akan menyebabkan suara yang masuk terhalang sehingga suara Anda terdengar pelan.

Untuk pengguna mikrofon eksternal jangan lupa untuk membersihkan mikrofon secara rutin dan menyimpannya di tempat yang bersih dan tidak lembab.

2. Cek Kondisi Kabel Dan Pemasangan Port

Jika Anda menggunakan mikrofon eksternal, coba cek kondisi kabelnya apakah masih bagus ataukah sudah ada yang rusak. Misalnya ada bagian robek atau hampir putus. Kabel yang rusak bisa menghambat transmisi suara.

Cek juga port yang ada di ujung mikrofon maupun yang tersambung ke laptop. Pastikan keduanya terpasang dengan benar dan rapat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

3. Lakukan Troubleshoot Sound Problem / Pemecahan Masalah

Masalah mengenai suara mikrofon pelan tidak selalu karena hardware. Bisa juga disebabkan kesalahan software ataupun driver mikrofon yang rusak / corrupt.

Mengatasi suara mikrofon kecil
Troubleshoot sound problems Windows 10

Windows 10 menyediakan fitur troubleshoot problem untuk banyak menu. Termasuk pada menu suara. Fungsinya untuk mengetahui kemungkinan masalah yang sedang terjadi di laptop.

Lakukan troubleshoot dengan melakukan klik kanan pada tombol volume di status bar. Kemudian pilih troubleshoot. Nanti Windows akan melakukan analisa dan menampilkan apa saja kerusakan yang terjadi di bagian suara baik speaker dan mikrofon.

Jika terdapat masalah, ikuti saran perbaikan yang diberikan Windows. Biasanya ada hal yang perlu diupdate seperti driver.

4. Update Driver Mikrofon

Bagi Anda yang jarang melakukan Windows Update tentunya akan sering melewatkan update driver. Konsekuensinya laptop Anda hanya akan memiliki driver lama.

Padahal fungsi driver pada laptop untuk menjamin berfungsinya komponen-komponen laptop. Oleh karena itu pastikan sudah memiliki versi driver yang paling baru. Termasuk driver mikrofon.

Cara update driver mikrofon sebagai berikut :

  1. Klik tombol start
  2. Cari Control Panel
  3. Buka Control Panel
  4. Pilih Device Manager
  5. Klik Sounds
  6. Klik kanan pada microphone
  7. Pilih update driver (pastikan laptop terkoneksi internet)
  8. Jika ada update, segera unduh dan restart laptop setelah selesai
Update driver mikrofon Windows 10
Update driver mikrofon Windows 10

Setelah update driver berhasil cek lagi apakah mikrofon sudah berfungsi dengan baik. Caranya dengan merekam suara Anda sendiri melalui menu perekam suara di Windows ataupun dengan merekam video melalui webcam laptop Anda. Dengarkan suaranya apakah masih pelan atau sudah normal.

Baca juga : Membandingkan Layar Glossy Dan Anti Glare Pada Laptop

5. Mengatur Volume Mikrofon

Problem ini yang paling sering terjadi. Kadang kala volume mikrofon atau sensitivitasnya itu belum diatur maksimal oleh sistem. Sehingga suara yang direkam mikrofon terdengar pelan.

Cara mengatur tingkat suara mirofon sebagai berikut :

  1. Klik tombol start
  2. Cara menu “Sound” / pengaturan suara
  3. Scroll ke bawah, cari menu input
  4. Pada bagian choose your input device, pilih mikrofon
  5. Klik Device Properties
  6. Akan muncul bagian Device Properties mikrofon
  7. Lihat bagian bawah, atur volume mikrofon ke 100% supaya suaranya maksimal
Menu Pengaturan Suara Windows 10
Menu pengaturan suara Windows 10

Gambar di atas adalah bagian menu pengaturan suara. Pastikan Anda mengatur di bagian input ya. Pada kolom choose your input device, pilih mikrofon yang Anda gunakan. Lalu pilih menu device properties di bawahnya.

Mengatasi suara mikrofon kecil di laptop
Pengaturan Mikrofon Windows 10

Kurang lebih inilah gambar device properties untuk mikrofon di Windows 10. Pada bagian volume, jika belum maksimal bisa digeser sampai ke 100% supaya penerimaan suara maksimal.

Langkah terakhir cobalah merekam suara lagi dan dengarkan hasilnya apakah sudah ada perubahan atau belum.

Baca juga : Apakah 128 GB Cukup Untuk Sebuah MacBook?


Itulah 5 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi suara mikrofon kecil di laptop. Secara umum, pastikan kebersihan lubang mikrofon laptop Anda. Jika menggunakan mikrofon eksternal pastikan port dan kabelnya tersambung dengan baik.

Jangan lupa untuk melakukan update driver dan update windows supaya kinerja laptop tetap terjaga.

Jika masalah masih muncul Anda bisa menghubungi customer care laptop Anda atau membawanya ke teknisi untuk diketahui penyebab pastinya.

Tinggalkan komentar