Mengatur Suara Earphone Ponsel Samsung Dengan Adapt Sound

Terkadang setelah membeli earphone, karakter suara yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan telinga pengguna. Bisa saja pengguna ingin suara yang lebih keras ataupun suara yang lebih pelan.

Kemampuan mendengar telinga kanan dan telinga kiri pun juga mungkin berbeda bagi setiap pengguna. Kalau suara earphone tidak diatur, suara yang didengar akan terasa tidak seimbang di telinga kanan dan kiri.

Untungnya Samsung membekali ponsel mereka dengan fitur Adaptasi Suara atau yang disebut Adapt Sound. Dengan fitur ini sobat bisa mengatur suara earphone supaya sesuai dengan pendengaran sobat sekalian.

Baca juga : Cara Menggunakan Fitur Clipboard Pada Ponsel Samsung

Mengenal Fitur Adaptasi Suara / Adapt Sound

Fitur adaptasi suara atau adapt sound sebenarnya sudah lama ada di ponsel-ponsel Samsung Galaxy. Namun tidak semua orang menyadarinya. Padahal ini sangat berguna untuk memaksimalkan pengalaman mendengarkan musik dengan earphone.

Dengan adapt sound sobat bisa mengatur suara earphone supaya lebih nyaman di telinga. Cara kerjanya yaitu mencoba mendeteksi kepekaan telinga sobat dengan memutar nada-nada di berbagai frekuensi. Dari data ini nanti fitur adapt sound akan menyesuaikan output suara yang dihasilkan.

Simak caranya berikut ini :

Cara Mengatur Suara Earphone di Ponsel Samsung

Saya menyadari kemampuan mendengar antara telinga kanan dan kiri itu tidak persis sama. Saya sudah mencoba menggunakan fitur adapt sound ini, terasa sekali perbedaannya sebelum dan sesudah menggunakan.

Setelah mengatur suara dengan adapt sound, suara yang keluar melalui earphone menjadi lebih “pas”. Seimbang kanan dan kiri, nada-nada yang biasanya terdengar pelan bisa terdengar lebih keras. Sobat bisa mencobanya sendiri untuk tahu apa yang saya maksud.

Selain itu dengan fitur ini sobat juga sekaligus memaksimalkan potensi suara dari earphone yang sobat pakai.

Hal yang perlu sobat lakukan hanyalah membuat profil adapt sound untuk earphone yang akan sobat gunakan. Dan sebaiknya untuk setiap earphone sobat bisa mengaturnya sendiri-sendiri. Cara membuat profilnya sebagai berikut :

1. Buka Pengaturan > Suara dan Getar

Mengatur suara earphone dengan Adapt Sound

Buka menu pengaturan pada ponsel sobat. Kemudian pilih menu suara dan getar.

2. Pilih Kualitas Suara dan Efek

Mengatur suara earphone dengan Adapt Sound

Setelah masuk menu suara dan getar, kemudian pilih menu kualitas suara dan efek.

3. Scroll ke Bawah, Pilih Adaptasi Suara / Adapt Sound

Mengatur Suara Headset Samsung

Di sini sobat bisa mengatur setting suara melalui menu equalizer. Untuk membuat profil adapt sound silakan sobat pilih Adaptasi Suara.

4. Pilih Personalisasikan Suara Anda

Mengatur Suara Headset Samsung

Secara default adapt sound sudah menyediakan 3 profil bawaan yaitu untuk usia di bawah 30 tahun, usia 30 sampai 60 tahun, dan di atas 60 tahun. Seiring usia memang kualitas pendengaran manusia akan berubah. Kalau tidak mau melakukan setting baru, tinggal pilih salah satu dari tiga opsi yang ada.

Untuk membuat profil suara sendiri pilih Personalisasikan suara Anda.

5. Pilih “Mulai”

Mengatur Suara Headset Samsung

Langkah ini sebaiknya sobat lakukan di tempat yang sepi dan tenang. Pasang earphone di telinga, kemudian posisikan dengan nyaman. Pastikan earphone kanan terpasang di telinga kanan, dan sebaliknya.

Jangan ada gangguan suara dari luar. Supaya sobat tidak terganggu saat melakukan tes pendengaran suara “bippp” di berbagai frekuensi nantinya.

6. Mendengarkan Sampel Suara “Bip”

Mengatur Suara Headset Samsung

Setelah klik mulai, ponsel sobat akan memutarkan suara “bippp” dalam berbagai frekuensi berulang kali. Jika bisa mendengarkan pilih “Ya”, jika tidak bisa mendengarkan pilih “Tidak”.

Hasil tes ini akan berbeda tiap orang. Datanya nanti akan diolah ponsel supaya bisa menghasilkan output suara yang lebih jelas untuk sobat.

7. Pilih Telinga Mana Yang Digunakan Saat Menelpon

Mengatur Suara Headset Samsung

Selanjutnya pilih, biasanya sobat mendengarkan suara panggilan dengan telinga kanan atau kiri.

8. Beri Nama Profil Suara dan Simpan

Mengatur Suara Headset Samsung

Selanjutnya simpan nama profil yang telah sobat buat. Kalau saya biasanya memberi nama dengan nama earphone yang saya gunakan.

8. Pilih Profil Sesuai Earphone Yang Sobat Gunakan

Mengatur Suara Headset Samsung

Jangan lupa pilih profil yang sobat baru saja buat supaya suara bisa lebih nyaman didengarkan. Sekarang, coba mendengarkan musik atau suara lainnya, dan rasakan perbedaannya.

Kesimpulan

Itulah fitur menarik di ponsel Samsung Galaxy yang sering tidak disadari oleh pemiliknya. Fitur adaptasi suara ini sangat berguna untuk mengatur suara earphone / headset yang sedang sobat gunakan supaya bisa sesuai dengan kemampuan earphone dan kepekaan telinga sobat.

Untuk hasil maksimal sebaiknya buat profil baru untuk earphone yang berbeda. Apalagi jika sobat memiliki lebih dari 1 earphone. Selamat mencoba!

Baca juga :

Tinggalkan Balasan