Cara Mengatur Volume Aplikasi Berbeda di Samsung Galaxy

Salah satu kelebihan ponsel Android adalah mudah untuk melakukan kustomisasi dan juga punya banyak pilihan pengaturan. Ada ruang yang terbuka bagi para pengembang (developer) maupun pabrikan untuk menciptakan aplikasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Termasuk untuk mengatur volume pada ponsel, karena tiap orang punya selera yang berbeda-beda.

Pada umumnya, sistem operasi Android memberikan empat opsi pengaturan suara di dalam menu volume control yang akan muncul setelah Anda memencet tombol volume :

  1. Ringtone volume
  2. Media volume
  3. Notification volume
  4. System volume

Ringtone volume digunakan untuk mengatur kerasnya suara ringtone jika ada panggilan masuk. Media volume digunakan untuk mengatur kerasnya suara pada aplikasi maupun media yang sedang dibuka / aktif. Noticiation volume digunakan untuk mengatur suara notifikasi seperti pesan maupun notifikasi dari akun sosial media yang masuk. Yang terakhir adalah system volume yang digunakan untuk mengatur volume sistem seperti suara keyboard, shutter kamera, dan lain-lain.

Bagaimana jika ingin mengatur volume untuk tiap aplikasi, apakah bisa dilakukan? Tentu bisa. Pada ponsel Samsung Galaxy, sudah disediakan aplikasi bernama SoundAssistant yang sudah dibuat oleh Samsung untuk memaksimalkan fitur-fitur pada ponsel mereka. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Fitur yang ada di SoundAssistant ini cukup banyak selain untuk mengatur volume pada tiap aplikasi.

Baca juga : Cara Merekam Video Sambil Memutar Musik di Ponsel Samsung Galaxy

Cara Mengatur Volume Tiap Aplikasi Dengan SoundAssistant

Hanya butuh beberapa langkah untuk mengatur volume tiap aplikasi dengan SoundAssistant. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Install aplikasi SoundAssistant melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi SoundAssistant, berikan izin perangkat jika aplikasi meminta izin untuk mengatur suara
  3. Pilih menu volume aplikasi individual
  4. Tambahkan aplikasi dengan memencet tombol biru di kanan bawah
  5. Geser volume tiap aplikasi sesuai keinginan Anda
Menu Aplikasi individual untuk mengatur volume di SoundAssistant
Menu volume aplikasi individual di SoundAssistant

Setelah memilih menu volume aplikasi individual, akan muncul menu untuk memilih aplikasi mana saja yang akan disesuaikan volumenya. Untuk menambahkan aplikasi, Anda hanya perlu menyentuh tombol biru di bagian kanan bawah. Untuk mengatur volumenya, tinggal menggeser tombol biru di masing-masing aplikasi. Ketika diatur di bawah 100%, artinya saat Anda memencet tombol volume sampai maksimal, aplikasi akan tetap membatasi suara hanya sampai tingkat yang Anda pilih. Sebagai contoh untuk YouTube saya atur ke 82%, maka ketika tombol volume saya tekan penuh, suara dari YouTube hanya sebesar 82%. Mudah bukan?

Pengaturan ini bersifat tetap. Meski ponsel di nyalakan ulang, pengaturan volume akan mengikuti apa yang telah Anda pilih. Untuk menormalkan kembali volume aplikasi, tinggal geser pengaturan ke 100%. Bisa juga dengan menghapus setting volume dengan cara memencet tombol biru di kanan bawah dan menghapus setting aplikasi terpilih.

Baca juga : 5 Cara Jual Ponsel Bekas Supaya Cepat Laku

Cara Memunculkan Tombol Melayang SoundAssistant

Tips berikutnya yang tidak kalah menarik adalah memunculkan tombol melayang SoundAssistant. Berbeda dengan langkah sebelumnya, tutorial ini hanya untuk memunculkan tombol melayang dan mengatur aplikasi yang sedang aktif saja. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi SoundAssistant
  2. Pilih menu tombol melayang
  3. Hidupkan menu tombol melayang di kanan atas
  4. Pilih durasi, ini akan mempengaruhi berapa lama tombol melayang akan muncul
  5. Tombol melayang akan muncul ketika Anda memencet tombol volume, jika tombol melayang disentuh akan menunjukkan pengaturan volume aplikasi yang sedang aktif
Tombol melayang (floating button) SoundAssistant
Pengaturan tombol melayang untuk mengatur volume aplikasi pada SoundAssistant

Demikianlah cara untuk mengatur volume tiap aplikasi di ponsel Samsung Galaxy. Cukup menginstall aplikasi SoundAssistant dan mengikuti langkah yang sudah dijelaskan di atas. Cara ini berfungsi untuk ponsel keluaran Samsung. Untuk ponsel merk lain saya belum mencobanya. Barang kali pembaca ada yang sudah mencoba, bagaimana hasilnya? Bisa memberitahukannya di kolom komentar.

Tinggalkan komentar