Cara Menghilangkan Iklan Saat Charge Ponsel Samsung

Contoh tampilan Samsung Max saat dicharge
Tampilan ponsel saat dicharge setelah install Samsung Max. Kadang kala yang muncul iklan.

Sebagian pengguna ponsel Samsung mengeluhkan munculnya iklan saat mereka mengecharge / mengisi daya ponsel. Iklan di kunci layar (lockscreen) dan bagi sebagian orang dianggap mengganggu. Bagaimana solusi untuk menghilangkan iklan itu?

Sebelum mengetahui solusinya, kenali dulu bahwa ada banyak penyebabnya. Umumnya penyebabnya adalah karena iklan tersebut merupakan bawaan aplikasi yang baru saja Anda install. Penyebab lainnya namun lebih jarang terjadi adalah ada kemungkinan ponsel Anda terkena mobile adware.

WhaTech (14/03) menyebutkan bahwa adware adalah software yang disusupkan ke ponsel dengan tujuan melakukan spam iklan. Sehingga pengguna akan mendapati ponselnya sering memunculkan iklan secara tiba-tiba.

Baca juga : Belajar Mengetik 10 Jari Dengan RapidTyping 5 Di Windows 10

Cara Menghilangkan Iklan Saat Charge Ponsel Samsung

Dual hal itu memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk iklan yang muncul karena aplikasi bisa dihilangkan dengan menghapus aplikasi tersebut atau membeli paket premiumnya. Dengan paket premium biasanya iklan oleh sebuah aplikasi akan hilang. Untuk mobile adware perlu dicari tahu di mana aplikasi / filenya tersembunyi.

1. Menghilangkan Iklan Karena Aplikasi Samsung Max dan Aplikasi Lain

Coba ingat, terakhir kali aplikasi apa yang Anda install? Aplikasi gratis biasanya mengkompensasi fitur yang Anda dapat dengan menayangkan iklan di ponsel. Termasuk iklan di saat melakukan charge.

Ada banyak aplikasi yang bisa memunculkan iklan saat ponsel dicharge. Seperti aplikasi browser, photo editor, app locker, dan lain-lain. Termasuk yang sering ditemui di ponsel Samsung biasanya karena aplikasi Samsung Max.

Samsung Max ini berfungsi sebagai layanan VPN gratis dan juga punya fungsi untuk menghemat data. Cukup banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Sebagai informasi, aplikasi ini punya tiga jenis paket langganan / plan :

  • Paket Dasar : gratis, fitur terbatas, privasi terbats, iklan dalam aplikasi
  • Paket Premium : gratis, akses ke semua fitur, privasi tanpa batas, iklan ketika mengisi daya – tidak ada di dalam aplikasi
  • Paket Deluxe : bayar Rp 29.000 per bulan, akses ke semua fitur, privasi tanpa batas, tanpa iklan

Jika Anda menginstall aplikasi Samsung Max dan mendapati iklan saat dicas / mengisi daya kemungkinan besar karena Anda pernah memilih paket premium. Jika merasa terganggu dengan iklan dan tetap ingin menggunakan Samsung Max, maka ada dua opsi : pindah ke paket dasar supaya iklan hanya di dalam aplikasi saja atau upgrade ke premium supaya bisa akses ke semua fitur dan tidak iklan.

Pindah paket Samsung Max
Panduan mengganti paket Samsung Max menjadi paket dasar supaya iklan hilang saat dicas

Untuk berganti menjadi paket dasar buka aplikasi Samsung Max -> klik menu -> paket Anda -> turunkan ke paket dasar. Jika mau upgrade ke paket deluxe, cukup sentuh menu peningkatan untuk berlangganan Rp 29.000 per bulan.

Baca juga : Apakah 32 GB Cukup Untuk Sebuah iPad?

2. Menghilangkan Iklan Karena Mobile Adware

Iklan karena Mobile Adware ini biasanya cukup bandel dan sulit dihilangkan jika belum tahu caranya. Untuk iklan yang muncul karena mobile adware, bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Menggunakan antivirus di ponsel. Jika ditemukan aplikasi ataupun file mencurigakan setelah melakukan scanning, segera hapus
  2. Menghapus aplikasi dengan nama mencurigakan di sistem. Biasanya adware tidak muncul di launcher, adware akan tersembunyi di pengaturan -> aplikasi. Coba cari aplikasi yang namanya mencurigakan, kemungkinan besar adalah adware
  3. Melakukan factory reset. Ponsel akan kembali seperti bawaan pabrik, adware juga ikut hilang

Itulah dua cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan saat ponsel charge. Bisa diterapkan di ponsel Samsung Galaxy dan secara umum bisa digunakan untuk ponsel lainnya juga. Supaya tidak terulang, ketahui cara supaya iklan tidak muncul sembarangan di ponsel.

Baca juga : Cara Membeli dan Menggunakan Alarm Selebriti Samsung

Cara Mencegah Supaya Iklan Tidak Muncul Sembarangan di Ponsel Anda

Ketahui cara supaya iklan tidak tiba-tiba muncul di ponsel Anda. Iklan itu bisa saja mengganggu jika muncul terus-menerus maupun muncul di tempat yang tidak kita kehendaki.

Lakukan-langkah ini :

  1. Hindari mengklik link atau alamat situs yang mencurigakan supaya terhindar dari malware dan adware
  2. Scan secara rutin ponsel Anda. Jika ditemui malware, mobile adware ataupun file mencurigakan yang berbahaya segera hapus
  3. Sebelum menggunakan aplikasi baca dahulu plan / paket langganan yang tersedia. Aplikasi yang gratis biasanya dikompensasi dengan menayangkan iklan di ponsel Anda.
  4. Gunakan firmware update yang resmi dari pabrikan

Sekian dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar