Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

Semut masuk laptop

Kebanyakan dari sobat pasti pernah menjumpai semut di laptop. Apalagi ada rumah yang sering didatangi semut-semut kecil. Di dalam laptop yang bersih tentu saja tidak ada gula maupun sumber makanan lain. Namun di dalam laptop semut bisa saja membuat sarang dan menggerogoti part di dalamnya. Lama kelamaan bisa muncul kerusakan.

Cara Semut Masuk Ke Laptop

Ada banyak bagian dan celah yang bisa dimasuki semut. Umumnya semut bisa masuk melalui ventilasi udara, sela-sela keyboard, dan engsel layar. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba semut muncul dari keyboard maupun bertahan di dalam layar laptop.

Langkah Mengeluarkan Semut Dari Laptop

Salah satu cara termudah mengeluarkan semut dari laptop tanpa perlu membongkar adalah dengan menggunakan kapur pembasmi serangga. Iya betul, menggunakan kapur yang biasa digunakan untuk mengusir serangga. Namun perlu dilakukan trik khusus untuk digunakan sebagai pengusir semut di laptop.

Bagaimana cara menggunakan kapur serangga untuk mengusir semut dari laptop? Mudah sekali. Bahan yang sobat butuhkan hanya sebatang kapur serangga dan selembar kertas. Mudah dijumpai di toko maupun minimarket.

Baca juga : Cara Login Bibit Dari PC dan Laptop

Cek Dari Mana Semut Masuk

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengecek di mana semut masuk ke laptop sobat. Yang saya alami adalah semut sering keluar masuk dari ventilasi bawah laptop. Jadi kemungkinan besar semut masuk melalui ventilasi bawah.

Goreskan Kapur Pada Selembar Kertas

Goreskan kapur serangga ke selembar kertas ataupun meja kerja. Saya ingatkan gunakan sarung tangan karena kapur serangga adalah racun. Goreskan dengan merata namun jangan terlalu banyak. Tipis-tipis saja.

Kapur serangga untuk mengusir semut dari laptop
Kapur serangga untuk mengusir semut dari laptop

Taruh Laptop di Atas Goresan Kapur

Taruh laptop sobat (dalam keadaan mati) di atas goresan kapur tadi. Hal ini supaya zat dari kapur serangga bisa menyebar di dalam laptop sobat. Ketika tercium oleh semut, mereka akan keluar dari laptop sobat.

Cukup lakukan langkah ini selama 10 – 15 menit. Supaya semut-semut keluar. Kalau terlalu lama bisa jadi ada semut yang mati di dalam laptop, malah makin sulit mengeluarkannya.

Jika mau diulangi silakan, yang penting diberi jeda waktu dan jangan lama-lama menaruh laptop di atas goresan kapur. Hasilnya, semut-semut akan keluar dan mati di atas goresan kapur tersebut.

Bersihkan Laptop dan Cuci Tangan!

Setelah semut-semut keluar, bersihkan laptop dengan tisu atau kain supaya tidak ada lagi bekas kapur serangga yang menempel. Jangan lupa untuk mencuci tangan karena kapur serangga sejatinya adalah racun dan juga berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Baca juga : Cara Copy Gambar Dan Foto Ke Instastory

Mencegah Laptop Masuk ke Laptop

Setelah semut berhasil dikeluarkan dari laptop. Langkah yang perlu sobat lakukan adalah supaya laptop tidak lagi dimasuki semut. Ketahui caranya karena sangat mudah untuk diterapkan :

Jangan makan atau minum di atas laptop

Sisa makanan ataupun pemanis dalam minuman yang menempel di laptop aromanya bisa mengundang semut untuk datang.

Gunakan kapur serangga di kaki meja

Goreskan kapur serangga di kaki-kaki meja. Bisa di mejanya secara langsung atau lantai yang bersentuhan dengan kaki meja. Supaya semut tidak bisa merangkak naik ke meja dan masuk ke dalam laptop.

Jangan tempel meja ke tembok, beri jarak!

Tidak hanya cicak-cicak yang ada di dinding. Semut juga bisa berpetualang di dinding ruangan sobat. Untuk menjegah semut berpindah ke meja, beri jarak sedikit antara meja dengan dinding.

Baca juga : Cara Merekam Video Google Meet

Kesimpulan

Semut bisa saja masuk ke laptop sobat melalui celah-celah yang ada. Jika jumlahnya banyak, apalagi membuat sarang, bisa membahayakan laptop sobat. Karena bisa jadi ada part yang digerogoti oleh semut dan menyebabkan kerusakan.

Salah satu cara mudah untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan kapur serangga. Diberi sedikit saja semut-semut sudah akan keluar. Dan cara ini juga bisa diterapkan untuk mengecek apakah di dalam laptop sobat ada semut atau tidak. Dengan menerapkan cara ini, sobat bisa berhemat biaya dibanding membawa laptop ke teknisi laptop.

Namun jika dirasa semut di dalam laptop sudah banyak dan ada komponen yang rusak, silakan dibawa ke teknisi laptop. Supaya dibongkar, dibersihkan dan dicari mana part yang mengalami kerusakan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu juga untuk menghindari kehadiran semut di laptop. Jangan lakukan hal yang membuat semut-semut itu datang ke laptop sobat.

Tinggalkan komentar