Pakai Aplikasi Tokopedia Seller Jualan Online Lebih Mudah!

Pakai aplikasi tokopedia seller jualan online lebih mudah

Setelah Shopee, Tokopedia menjadi marketplace yang paling sering dikunjungi oleh orang Indonesia. Tentu ini menjadi peluang tersendiri untuk berjualan dan memperoleh keuntungan di Tokopedia. Apalagi sejak pandemi covid banyak orang terpaksa kehilangan pekerjaan, dan sebagian mulai beralih untuk jualan online. Yang dibahas kali ini adalah aplikasi Tokopedia Seller.

Oh iya artikel ini bukan endorse dari Tokopedia. Saya hanya berbagi pengalaman saja karena cukup terbantu dengan aplikasi ini selama berjualan di Tokopedia.

Cara berjualan di Tokopedia sebenarnya mudah. Cukup buat akun Tokopedia kemudian buat toko melalui seller.tokopedia.com . Lengkapi data toko, jasa pengiriman, dan lain-lain kemudian upload produk yang kamu jual. Setelahnya promosikan dan tunggu orderan masuk.

Fitur lengkap jualan di Tokopedia bisa diakses melalui seller.tokopedia.com melalui web browser / laptop. Bagi penjual yang memiliki sudah memiliki komputer atau laptop akan mudah memantau perkembangan tokonya.

Baca juga : Cara Menambahkan Alamat Pengiriman di Tokopedia

Lalu bagaimana jika saat bepergian ingin tetap memantau toko?

Caranya dengan mengunduh aplikasi Tokopedia Seller di Play Store. Ya, sementara ini Tokopedia Seller baru tersedia di perangkat android saja. Untuk pengguna iPhone, bisa memantau aktivitas toko melalui aplikasi Tokopedia langsung.

Klik untuk download aplikasi Tokopedia Seller di Play Store

Lalu hal apa saja yang bisa penjual lakukan melalui aplikasi Tokopedia Seller ini?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Karena pada dasarnya apikasi Tokopedia Seller mengadopsi apa yang ada di website seller.tokopedia.com

1. Ringkasan Aktivitas dan Perkembangan Toko

Tampilan home Tokopedia Seller

Pada menu home ada ringkasan aktivitas berupa statistik toko, dan juga notifikasi pesanan maupun chat dari calon pembeli.

2. Bisa Atur Ketersediaan dan Deskripsi Produk

Tampilan menu produk Tokopedia Seller

Melalui aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa dengan mudah menambahkan produk, mengatur deskripsi, mengubah harga dan hal lain yang terkait dengan produk.

3. Melakukan Chatting Dengan Calon Pembeli

Tampilan Menu Chat Tokopedia Seller

Menu chatting khusus berisi chat dengan calon pembeli saja. Fitur ini memudahkan penjual untuk merespon pertanyaan calon pembeli dari mana saja menggunakan ponsel.

4. Memantau Transaksi Penjualan yang Sedang Berjalan

Tampilan Menu Penjualan Tokopedia Seller

Transaksi yang masuk, sedang dikirim, maupun sudah selesai akan muncul pada menu penjualan. Bermanfaat banget kan bagi penjual?

5. Melihat Profil Toko dan Menu Lain Secara Ringkas

Tampilan Menu Lainnya Aplikasi Tokopedia Seller

Di menu lainnya ada keterangan saldo, sisa kredit TopAds untuk iklan, diskusi, ulasan, komplain dan lain-lain. Hampir sama seperti menu yang ada di versi web.

6. Mengatur Promosi Toko Secara Langsung

Bisa buat promosi melalui Tokopedia Seller

Kini pembuatan voucher dan iklan TopAds bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia Seller. Termasuk memantau pula performa iklan yang dipasang. Berguna banget deh!

Baca juga : 5 Manfaat TopAds Tokopedia Bagi Seller Pemula

Kesimpulan

Aplikasi penjual yang terpisah dari aplikasi untuk belanja ini menurut saya bermanfaat bagi para penjual di Tokopedia karena bisa lebih fokus berjualan. Bandingkan saja dengan Shopee yang saat ini masih gabung menjadi satu aplikasi di ponsel, dan notifikasinya sering menumpuk pula.

Meski sudah bagus, saya punya masukan untuk tim Tokopedia supaya membuatkan juga aplikasi Tokopedia Seller untuk perangkat iPhone. Mengingat pasti banyak juga penjual yang sehari-hari menggunakan iPhone.

Harapan saya, bagi kamu yang berjualan di Tokopedia maupun marketplace lainnya supaya laris dan berkah dagangannya. Serta semoga diberi kesehatan selalu.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar ya. Terima kasih, and have a nice day!

Tinggalkan Balasan