Panduan Memilih Laptop Untuk Anak SMP

Anak Anda sudah masuk SMP dan menginginkan dibelikan laptop? Atau kamu yang sedang mencari laptop untuk kegiatan sekolah? Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui panduan memilih laptop untuk anak SMP dengan mudah.

1. Fungsi Laptop dan Kebutuhan di Sekolah

Saya juga mulai memiliki laptop ketika SMP. Saat itu sedang tren untuk bermain game online bersama teman-teman. Laptop jarang saya gunakan untuk mengerjakan tugas maupun belajar. Karena para guru masih memberikan materi melalui buku dan modul buatan mereka, jarang sekali berupa soft file.

Sebelum membeli laptop untuk anak SMP, pastikan dulu nantinya digunakan untuk apa. Dengan memiliki laptop, anak bisa belajar mandiri melalui laptopnya dan juga mengerjakan tugas dari guru berupa tulisan ringan maupun presentasi.

Laptop anak SMP

Perhatikan juga kegiatan esktra kurikulernya, jika anak ikut eskul yang berkaitan dengan robotik, animasi, dll pasti akan sangat terbantu dengan adanya laptop. Fungsi dan kebutuhan inilah yang akan menentukan laptop apa yang akan dibeli.

2. Siapa Saja Yang Akan Memakai Laptop

Tak jarang ada kakak adik yang usianya hanya terpaut satu tahun dan kadang budget yang ada belum mencukupi untuk membelikan keduanya laptop. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah membeli laptop untuk dipakai berdua.

Tentukan, siapa saja yang akan memakai laptopnya nanti? Misalkan si kakak butuh untuk mengetik saja sedangkan adik tergabung dalam eskul animasi maka baiknya membeli laptop yang punya graphic card. Jangan membeli laptop yang spesifikasinya standar untuk mengetik karena kebutuhan eskul si adik tidak terpenuhi.

3. Budget / Dana Yang Tersedia

Setelah tahu apa saja kebutuhannya. Selanjutnya pertimbangkan budget yang tersedia. Jika hanya untuk mengetik, browsing, dan sesekali menonton film laptop dengan banderol di bawah 5 juta sudah banyak yang bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

Jika anak membutuhkan laptop yang bisa merender gambar ataupun animasi, laptop di atas 5 juta juga sudah ada yang dilengkapi graphic card atau VGA. Adanya graphic card seperi NVIDIA atau Radeon cukup penting untuk kegiatan yang berkaitan dengan grafis.

Saat datang ke toko laptop jangan malu-malu untuk menyampaikan apa kebutuhan anak dan juga budget yang tersedia. Supaya sales atau promotor bisa merekomendasikan laptop yang tepat sesuai dana dan kebutuhan Anda.

Budget yang tersedia juga menentukan apakah Anda akan membeli laptop baru ataupun bekas. Di harga yang sama, Anda bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan membeli laptop bekas.

4. Dipakai Sampai Kapan?

Umumnya orang akan membeli produk yang bisa dipakai jangka waktu lama. Hobi anak itu mudah berubah. Setelah masuk SMA nanti bisa saja ia punya kegemaran lain. Jika di SMP hanya butuh laptop untuk mengetik tugas dan browsing, boleh jadi di SMA sudah butuh laptop yang mendukung desain grafis maupun videografi.

Pilihlah laptop yang sekiranya akan bisa dipakai semua orang di rumah. Sehingga setelah anak masuk SMA dan memiliki laptop baru, laptop yang lama masih bisa dipakai keluarga lainnya. Ataupun jika punya rencana dijual, belilah laptop yang punya resale value tinggi.

5. Panduan Memilih Berdasarkan Spesifikasi

Cara yang digunakan untuk membandingkan laptop pada umumnya adalah melihat harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Berikut adalah panduan mudah untuk memilih spesifikasi laptop yang cocok untuk anak SMP :

Sistem Operasi

Sebaiknya pilih laptop yang sudah ada OSnya. Alias sudah terinstall sistem operasi dari pabrik. Sehingga setelah membeli Anda tidak perlu repot untuk menginstall OS sendiri. Laptop yang sudah ada OSnya akan siap digunakan setelah dibeli.

Prosesor

Pada umumya prosesor menentukan kencang tidaknya performa laptop. Dua brand prosesor yang beredar di indonesia adalah Intel dan AMD. Ketahui urutannya supaya bisa mengetahui performanya. Prosesor dengan harga lebih murah biasanya punya performa yang lebih rendah juga. Untuk prosesor Intel di laptop dari yang terendah sebagai berikut :

  • Intel Celeron
  • Intel Pentium
  • Intel Core i3
  • Intel Core i5
  • Intel Core i7
  • Intel Core i9

Untuk urutan prosesor AMD di laptop dari yang terendah sebagai berikut :

  • Ryzen 3
  • Ryzen 5
  • Ryzen 7

RAM

Fungsi RAM utamanya seperti sebuah tanah lapang. Sedangkan program atau software yang berjalan seperti adanya stand penjual dan orang-orang yang berkumpul. Semakin besar RAM semakin lancar pula laptop dalam menjalankan beberapa software sekaligus.

Untuk tahun 2020, varian RAM 4 GB adalah sangat minimum untuk sebuah laptop. Sedangkan kalau ada budget saya sarankan ambil varian RAM 8 GB karena perbedannya terasa. Jika di spesifikasi Anda menemukan DDR dan LPDDR, perbedaannya adalah pada konsumsi daya. LPDDR adalah varian Low-Power dari sebuah RAM yang lebih hemat daya.

Storage

Ada banyak jenis storage untuk menyimpan file pada laptop. Storage bertipe SSD lebih cepat daripada tipe HDD. Namun pada harga yang sama, besar storage pada SSD biasanya akan lebih kecil dibandingkan varian yang menggunakan HDD.

Saya menyarankan laptop yang sudah menggunakan SSD untuk mendapatkan performa yang lebih kencang dan anti lemot. Selain itu kelebihan SSD adalah tidak menimbulkan suara berisik seperti HDD karena tidak ada disk di dalamnya.

Dimensi dan Berat Laptop

Hal ini kadang sepele namun perlu saya cantumkan di artikel ini. Saya dulu “agak menyesal” memilih laptop 14 inch saat SMP. Berat banget dibawa ke sekolah. Apalagi dulu saya sering naik bus, agak paranoid kalau harus membawa tas laptop yang dicangking. Sehingga laptop saya masukkan ke tas gendong. Di dalamnya laptop bergabung dengan buku tulis, buku pelajaran dan LKS. Berat banget rasanya, sedangkan saat itu teman-teman terutama yang perempuan sudah banyak yang membawa laptop berukuran 10 sampai 12 inch saja yang lebih ringan.

Berutung, saat ini sudah banyak laptop yang mengusung bezel layar tipis dan bobot yang lebih ringan. Apalagi sudah banyak berkembang varian ultrabook yang bisa menampilkan layar besar dengan bobot yang tetap ringan.

6. Pilihan Menurut Harga

Di pasaran banyak sekali brand laptop yang mudah dijumpai, seperti :

  • Acer
  • Apple
  • ASUS
  • Dell
  • HP (Hewlett-Packard)
  • Lenovo
  • MSI
  • Zyrex
  • dan lain-lain

Ada banyak sekali pilihan laptop. Jika diamati, brand seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Zyrex dll memiliki varian laptop dengan harga yang sangat beragam. Mulai dari di bawah 5 juta hingga belasan juta rupiah ada pilihannya. Ini kembali lagi ke kebutuhan dan juga ketersediaan dana.

Brand seperti Apple dan MSI biasanya punya banderol harga yang lebih tinggi, untuk varian terendahnya sekalipun. Jika memilih dari kedua brand ini, varian MacBook Air menurut saya sudah cukup untuk anak SMP. Sedangkan MSI lebih digunakan untuk gaming maupun kegiatan yang berkaitan dengan grafis.

Selain itu pastikan juga mengenai garansi di kota Anda. Apakah brand yang akan Anda beli sudah memiliki cabang service centre di kota Anda? Hal ini juga perlu diperhatikan jika sewaktu-waktu laptop rusak selama masa garansi akan lebih mudah melakukan klaim.

7. Kesimpulan

Berkembangnya zaman membuat laptop seakan menjadi barang yang wajib dimiliki untuk anak sekolah sekalipun. Tak heran, media belajar dan tugasnya pun sudah banyak yang beralih ke online. Dengan memiliki laptop sarana belajar akan lebih lengkap dan juga up to date.

Itulah panduan memilih laptop untuk anak SMP. Ketahui kebutuhan anak, siapa saja yang menggunakan, tentukan budget, pilih spesifikasi yang sesuai, dan jangan lupa memperhatikan beratnya supaya nyaman ketika dibawa ke sekolah karena umunya anak juga akan membawa buku-buku yang berat.

Jika ada pertanyaan maupun masukan Anda bisa menambahkannya dengan mudah di kolom komentar.

Satu pemikiran pada “Panduan Memilih Laptop Untuk Anak SMP”

Tinggalkan Balasan