Pengalaman Naik Teman Bus Jogja Rute K1J

Pengalaman Naik Teman Bus Jogja

Pengalaman Naik Teman Bus Jogja Rute K1J. Sudah lama saya ingin mencoba naik Teman Bus Jogja, akhirnya kesampaian juga di akhir bulan Maret tahun ini. Pagi ini saya naik rute K1J. Naik dari depan toko Terminal Bangunan Jalan Kaliurang dengan tujuan Terminal Pakem untuk belanja di Pasar Pakem. Lalu pulang dari Terminal Pakem dan turun di depan PLN Jalan Kaliurang.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman naik Teman Bus ini. Barang kali info yang ada bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Apakah Teman Bus Sama Dengan Trans Jogja?

Pengalaman Naik Teman Bus Jogja
Armada Teman Bus saat berhenti di Terminal Pakem

Secara fisik bentuk busnya hampir sama. Dari luar, fisik Teman Bus terlihat lebih baru / modern. Yang membedakan adalah rute yang dilewati.

Trans Jogja punya banyak rute di dalam kota, Teman Bus rutenya menjangkau sampai pinggiran kota, dan rutenya masih terbatas.

Teman Bus sudah tersedia di beberapa kota : Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan.

Tarif Teman Bus Jogja

Tahun lalu saat diluncurkan, tarif Teman Bus Jogja gratis sampai dengan bulan Desember 2020. Sehingga tadi pagi saya siap-siap e-money untuk membayar, siapa tahu promonya sudah habis dan perlu membayar.

Setelah naik bus, ternyata Pak Sopir bilang tarif Teman Bus masih gratis. Namun saya tidak tanya gratisnya sampai kapan.

Hal ini sedang saya tanyakan via e-mail ke pihak Teman Bus. Jika sudah mendapat jawaban akan saya update di artikel ini.

Cara Naik Teman Bus Jogja

Teman Bus akan berhenti di beberapa titik / halte pemberhentian sesuai rutenya.

Salah satu kekurangan Teman Bus saat ini adalah tidak adanya halte fisik. Sehingga calon penumpang harus menunggu di pinggir jalan, sesuai titik pemberhentian bus.

Untuk halte atau titik pemberhentiannya bisa dilihat melalui aplikasi Teman Bus.

Tunggulah di titik yang ada di aplikasi, jangan lupa lihat rute busnya. Setelah bus datang, naiklah dari pintu depan. Setelah sampai, turun dari pintu tengah.

Rute Teman Bus Jogja

Sejauh ini ada tiga rute utama Teman Bus Jogja :

  • K1j Rute Ngaglik (PP) : Terminal Bus Condong Catur s.d Terminal Pakem
  • K2J Rute Godean (PP) : Pusat Kuliner Belut Godean s.d Terminal Ngabean
  • K3J Rute Ngemplak (PP) : Halte Pasar Pakem A s.d Halte TJ Bandara Adi Sucipto

Untuk rute dan pemberhentian selengkapnya bisa melihatnya di aplikasi Teman Bus.

Disclaimer : info rute ini saya peroleh pada tanggal 27 Maret 2021. Rute dan halte Teman Bus Jogja bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Suasana di Dalam Teman Bus

Saya naik bus ini di pagi hari. Sekitar jam 7 pagi. Suasana masih segar, busnya wangi, interior bersih, AC dingin, dan ada sabuk pengaman di setiap kursi. Sudah disediakan hand sanitizer di dekat pintu masuk.

Selama pandemi ada pembatasan kapasitas, sehingga ada jarak setiap satu kursi untuk duduk.

Untuk keamanan dalam keadaan darurat, di dalam ada tombol emergency, palu pemecah kaca, alat pemadam api ringan, dan juga kantong keresek.

Berikut gambar yang saya ambil saat naik Teman Bus rute K11 :

Berikut video yang saya rekam saat naik Teman Bus rute K1J :

Overall saya senang naik bus ini. Interior nyaman, nunggu busnya pun tidak lama. Sambil merasakan nostalgia naik bus di jaman SMP dan SMA dahulu. Hanya saja sekarang busnya sudah lebih modern.

Harapan saya kepada pihak Teman Bus : mohon untuk dibuatkan halte permanen / semi permanen supaya penumpang yang tidak punya aplikasi tahu harus naik dari mana. Jika tidak bisa, minimal diberi rambu-rambu bergambar halte dan disertai keterangan rutenya.

Gimana, mau coba naik Teman Bus?

Baca juga :

Tinggalkan Balasan