Penyebab Presentasi Tidak Muncul di Google Meet dan Cara Mengatasinya

Halo sobat, kali ini saya akan menyampaikan beberapa penyebab presentasi tidak muncul di Google Meet. Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara merekam Google Meet. Namun ternyata banyak yang mengalami masalah saat akan melakukan presentasi.

Salah satu fungsi utama Google Meet adalah untuk rapat / meeting sesuai namanya. Di dalam rapat biasanya akan ada presentasi yang disampaikan, entah berupa tayangan powerpoint atau lainnya.

Semua peserta rapat bisa melakukan presentasi di dalam room Google Meet. Caranya tinggal klik tombol presentasikan yang ada di bagian kanan bawah layar.

Namun terkadang sudah di klik “presentasikan”, tayangannya tidak berhasil atau tidak mau muncul di layar peserta rapat lainnya.

Apa saja penyebab presentasi tidak muncul di Google Meet?

Setidaknya ada dua hal utama yang bisa menyebabkan gagal presentasi di Google Meet. Yang pertama adalah koneksi internet yang buruk / kurang stabil. Yang kedua karena sobat lupa klik tombol “izinkan / allow” saat browser meminta izin membagikan layar.

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil akan membuat transmisi data sobat tidak lancar. Sehingga akan terjadi delay saat berbicara, presentasi, maupun mendengarkan peserta rapat lain. Tak jarang akan terputus dan langsung keluar dari room rapat.

Kalau sobat ingin melakukan acara penting seperti rapat kantor, keperluan akademis, dan sebagainya sebaiknya pilih tempat dengan koneksi yang stabil.

2. Belum Klik Tombol “izinkan / allow” di Broswer

Beberapa browser akan meminta izin membagikan layar setelah sobat melakukan klik “presentasikan / present now”. Jika tidak diizinkan, maka Google Meet tidak bisa mempresentasikan layar sobat.

Di bawah ini adalah contoh pop-up izin membagikan layar :

Presentasi Google Meet

Gambar di atas adalah saat saya menggunakan browser FireFox di Windows 10. Akan muncul pop-up yang berisi izin untuk membagikan layar. Langsung saja klik allow. Hal ini juga berlaku jika sobat menggunakan Google Meet di browser lainnya.

Baca juga : Cara Menggunakan Clipboard di Windows 10

Cara Melakukan Presentasi Google Meet dengan Google Chrome

Saya menyarankan untuk menggunakan Google Chrome saat sobat melakukan rapat dengan Google Meet. Selain sudah terintregasi dengan Google Meet, Google Chrome punya fitur membagikan layar yang lebih lengkap. Termasuk membagikan tampilan video YouTube beserta suaranya saat melakukan presentasi.

Presentasi Google Meet

Saat presentasi menggunakan Google Meet di Google Chrome akan ada 3 opsi layar yang bisa ditampilkan :

  1. Seluruh layar (Your entire screen)
  2. Satu window (A window)
  3. Tab chrome (A Chrome tab)

Pilih saja salah satu dari opsi di atas, sesuaikan dengan kebutuhan presentasi sobat.

1. Prentasi Seluruh Layar

Presentasi Google Meet

Memilih presentasi seluruh layar artinya akan menampilkan apapun aktivitas sobat saat menggunakan laptop. Ini bermanfaat untuk kegiatan tutorial yang sering berpindah-pindah windows / aplikasi. Apapun yang sobat buka akan ditayangkan kepada peserta rapat lainnya.

2. Presentasi Satu Window

Presentasi Google Meet

Presentasi satu window ini cocok untuk keperluan rapat atau akademis yang biasanya hanya memerlukan satu file windows untuk ditampilkan. Sobat bisa memilih window apa yang akan ditampilkan melalui Google Chrome. Jika memilih opsi ini, window / aplikasi selain yang dipilih tidak akan ikut tampil di layar peserta rapat lainnya.

3. Presentasi Tab Chrome

Presentasi Google Meet

Tab chrome sangat cocok jika sobat ingin menampilkan video YouTube di tab lain ataupun menampilkan tab lainnya.

Begitulah sobatku penyebab mengapa presentasi Google Meet tidak tampil. Dan saran saya demi kemudahan presentasi ada baiknya membuka meet.google.com melalui browser Google Chrome. Dan apapun browsernya pastikan koneksi internet stabil serta browser sudah diupdate ke versi terbaru.

Tinggalkan komentar