3 Penyebab Suara Berisik Pada Laptop

Suara aneh maupun berisik dari laptop bisa muncul dari beberapa komponen. Di dalam laptop ada komponen yang tidak bergerak / statis dan ada juga komponen yang bisa bergerak. Komponen statis contohnya motherboard, RAM, SSD, dll. Komponen yang bisa bergerak (moving part) contohnya adalah kipas / fan, hard disk, dan CD Drive.

Suara berisik - bongkar komputer
Ilustrasi membongkar komputer

Penyebab Suara Aneh dan Berisik Pada Laptop

Seiring pemakaian dan berjalannya waktu tak jarang muncul tanda-tanda keausan pada laptop. Mulai muncul suara berisik. Suara-suara seperti ini biasanya disebabkan oleh komponen yang bergerak / moving part.

Suara berisik perlu dicari tahu penyebabnya untuk segera diperbaiki. Apalagi jika laptop digunakan untuk kegiatan produktif maupun bekerja sehari-hari. Jika dibiarkan suara berisik tersebut bisa mengganggu konsentrasi kita maupun orang lain saat menggunakan laptop di tempat kerja.

Ketahui tiga penyebab munculnya suara aneh dan berisik pada laptop berikut di bawah ini :

Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk Berisik
Piringan di dalam hard disk bisa menimbulkan suara berisik

Hard disk drive atau sering disingkat HDD adalah komponen yang berfungsi sebagai storage pada laptop untuk menyimpan file pengguna maupun sistem operasi laptop. Di dalam HDD terdapat piringan yang bisa berputar. Oleh karena itu di spesifikasi hard disk ada keterangan RPM alias Rotation Per Minute. Saat dioperasikan, piringan di dalam hard disk akan berputar. Semakin besar beban yang sedang diterima HDD, semakin kencang pula kecepatan putaran piringan di dalam hard disk dan suara yang ditimbulkan akan lebih keras.

Umumnya wajar HDD terdengar berisik saat Anda melakukan transfer file maupun sedang menginstall software. Namun jika suara yang muncul terasa lebih berisik maupun sangat keras mungkin saja sudah terjadi kerusakan di dalam mekanisme piringan hard disk.

Untuk memastikannya Anda bisa melakukan check dengan software terlebih dahulu. Kadang kala hard disk hanya berisik saat mengakses folder atau file tertentu. Hal ini kemungkinan besar masih bisa diselesaikan dengan software. Namun jika melalui software tidak ditemukan kerusakan, bisa dipastikan terjadi kerusakan di dalam hard disk. Solusi terbaik adalah menggantinya dengan yang baru.

Kipas / Fan Laptop

Kipas laptop
Kipas laptop

Kebanyakan laptop memiliki kipas di dalam bodinya. Kipas tersebut memerankan fungsi pendinginan pada laptop. Saat dioperasikan, komponen di dalam laptop seperti prosesor, RAM, dll akan menghasilkan panas. Jika panas melebihi batas yang wajar akan mengurangi kinerja laptop.

Baca juga : 5 Penyebab Suhu Laptop Menjadi Panas

Kipas akan berfungsi membuang panas yang ada di dalam laptop, dan kecepatan putarannya akan mengikuti suhu laptop. Saat penggunaan dalam intensitas berat biasanya kipas akan berputar lebih cepat untuk segera membuang panas. Kegiatan berat seperti bermain game, melakukan rendering, mengakses banyak file sekaligus bisa meningkatkan beban kerja laptop.

Kipas / fan umumnya menjadi penyebab utama munculnya suara aneh dan berisik pada laptop. Hal ini bisa disebabkan dua hal : pertama, terjadi kerusakan pada kipas itu sendiri. Misalnya dudukannya rusak, atau terjadi patahan pada baling-baling fan. Penyebab kedua, terjadinya akumulasi debu yang menumpuk di fan laptop.

Oleh karena itu pengguna laptop disarankan menggunakan laptop di tempat yang bersih dan permukannya solid. Penggunaan di tempat yang kotor ataupun di atas kasur yang banyak tersimpan partikel debu atau serat kapas yang tipis lama kelamaan akan menyebabkan debu terakumulasi di dalam laptop dan menyebabkan suara beriki.

Dikuti dari Makeusof, ada enam cara untuk mengatasi kipas yang berisik pada laptop di antaranya :

  1. Menghentikan proses yang berjalan (tutup software yang memakan banyak resouce atau sudah tidak digunakan)
  2. Untuk pengguna Mac : lakukan reset system management controller (SMC) dan PRAM
  3. Dinginkan laptop, misalnya menggunakan cooling fan.
  4. Bersihkan laptop, biasanya debu menumpuk menyebabkan suara berisik
  5. Gunakan software untuk mengatur putaran kipas laptop
  6. Kunjungi teknisi untuk memastikan kerusakan yang terjadi pada kipas laptop

CD Drive

Jumlah laptop yang menggunakan CD Drive bawaan sudah mulai berkurang. Karena laptop jaman sekarang cenderung memiliki desain yang tipis dan ringan supaya lebih mudah dibawa. Selain itu penggunaan CD untuk menginstall berbagai driver maupun software secara perlahan sudah digantikan oleh online download.

Suara berisik pada laptop juga bisa disebabkan oleh CD Drive. Coba cek kembali, apakah ada kepingan CD yang belum dikeluarkan dari laptop? Jika lupa dikeluarkan, CD Drive akan terus membaca kepingan CD tersebut dan menimbulkan suara berisik.

Apabila masih muncul suara aneh dan berisik serta CD Drive masih sering berputar sendiri coba lakukan update driver melalui device manager maupun windows update. Barangkali setelah dilakukan update driver masalah tersebut akan teratasi.

Kesimpulan

Secara umum suara aneh maupun yang berisik dari dalam laptop dapat berasal dari komponen yang bergerak / moving part terutama kipas laptop. Menggunakan laptop di permukaan yang rata, bersih dan terhindar dari debu adalah cara untuk mengurangi risiko kerusakan kipas laptop yang menimbulkan suara berisik. Untuk memastikan dan mendapatkan solusi terbaik saat muncul suara aneh dan berisik, Anda bisa membawa laptop ke teknisi untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Terutama jika Anda tidak bisa untuk membongkar laptop sendiri.

Tag:

Tinggalkan Balasan