Penyebab Muncul Suara Gemericik Dari Belakang Ponsel

Saat berkunjung ke sebuah grup FB beberapa waktu lalu, saya menemukan posting seorang member grup yang kebingungan : terdengar suara “tik tik tik” dari belakang ketika ponselnya digoyang-goyang, dan posisi sumber suara berasal dari sekitar kamera.

Suara dari Ponsel

Mungkin banyak yang belum tahu dari mana suara tersebut. Saya pun pernah mengalaminya dan merasa kebingungan. Bagaimana tidak, ada banyak kemungkinan mengapa bisa terjadi suara, misalnya ada komponen PCB yang patah ataupun baut yang lepas. Semua itu bisa terjadi. Setelah tahu sumber suaranya di dekat modul kamera. Dugaan kuat timbulnya suara berasal dari komponen lensa kamera. Ketahui apa penyebanya di artikel ini.

Penyebab Utama : Mekanisme Camera Lense Barrel

Dikutip dari website Samsung, dalam artikelnya “Sound is generated on Samsung Mobile device during shaking”, dijelaskan bahwa suara tersebut dihasilkan oleh mekanisme Camera Lense Barrel. Fungsinya adalah mengoperasikan fungsi autofokus pada kamera ponsel. Menurut saya hal ini tidak hanya berlaku untuk ponsel Samsung saja, karena brand lain kebanyakan memakai modul dengan mekanisme lensa yang hampir sama.

Modul kamera dilengkapi dengan “Stopper” untuk membatasi pergerakan lensa pada kamera modul. Maka ketika ponsel digoyangkan atau terkena guncangan akan timbul sedikit suara berisik. Hal ini adalah normal, dan keras tidaknya suara yang dihasilkan bisa berbeda antar model dan device.

Bagaimana Cara Memastikan Suara Itu Berasal Dari Kamera?

Fungsi Camera Lense Barrel salah satunya adalah untuk menyesuaikan fokus pada lensa kamera. Untuk memastikan apakah suara itu berasal dari kamera, caranya sangat mudah. Cukup buka aplikasi kamera di ponsel Anda. Lalu goyang-goyangkan ponsel. Mungkin suara yang timbul masih ada, namun tidak sekeras sebelum aplikasi kamera dibuka. Hal ini sudah saya coba di ponsel saya dan berhasil. Suara yang muncul dari camere barrel lense adalah normal.

Bagaimana Jika Kamera Terus Bergetar?

Pada beberapa kasus, ada pengguna yang mengeluhkan kamera terus bergetar dan menimbulkan bunyi berisik. Ketika membuka aplikasi kamera, gambar yang dihasilkan blur dan tidak kunjung fokus. Kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan di modul kamera, maupun mekanisme lense barrelnya. Hal ini pernah saya jumpai di seri iPhone 6, 6S, Galaxy A8 star, dll dalam intensitas yang sangat jarang. Setelah direstart akan normal lagi. Namun jika masih rusak dan sering berulang silakan dibawa ke tempat service.

Sudah Dicek Ternyata Bukan Dari Kamera

Jika Anda sudah membuka aplikasi kamera dan memastikan kamera ponsel normal, namun suara masih terdengar dari bagian lain sebaiknya Anda mengecek, apakah sebelum bunyi muncul ponsel Anda jatuh? Ataupun ditaruh di saku yang ketat? Karena kedua hal itu bisa mempengaruhi kondisi di dalam ponsel. Ada komponen yang patah misalnya.

Masih Kurang Yakin? Kunjungi Teknisi

Kalau Anda masih kurang yakin apa penyebab ponsel Anda berbunyi ketika digoyangkan atau ketika dipakai, cobalah untuk membawa ke tempat service ataupun teknisi untuk dilakukan pembongkaran dan dicari tahu penyebabnya.

Sekian artikel ringan ini semoga bermafaat bagi Anda yang penasaran dari mana timbulnya suara yang muncul di ponsel.

2 pemikiran pada “Penyebab Muncul Suara Gemericik Dari Belakang Ponsel”

Tinggalkan komentar