6 Penyebab Suara Tidak Terdengar Di Google Meet

Logo Google Meet

Gangguan teknis merupakan kendala yang seringkali dialami saat menggunakan suatu hal. Termasuk ketika menggunakan layanan teleconference. Salah satunya Google Meet. Mungkin sobat juga pernah mengalami suara tidak terdengar di Google Meet.

Berfungsinya layanan dengan baik itu merupakan kombinasi software dan hardware bekerja dengan baik. Kalau salah satu bermasalah bisa menyebabkan fungsi yang seharusnya berjalan tidak bekerja.

Ada banyak penyebab suara di Google Meet terdengar pelan / kecil atau malah tidak terdengar sama sekali.

Kali ini saya akan coba menjelaskan 6 penyebab suara tidak terdengar di Google Meet. Yang saya maksud adalah ketika suara sobat tidak terdengar oleh peserta lain.

1. Browser Belum Diizinkan Menggunakan Mikrofon

Biasanya ketika pertama kali membuka Google Meet akan muncul pop-up dari browser misalnya Google Chrome atau Firefox yang meminta izin menggunakan webcam, mikrofon maupun menampilkan layar. Coba cek terlebih dahulu apakah sobat sudah mengizinkan browser untuk menggunakan mikrofon atau belum.

Izin mikrofon Google Meet

Jika broswer belum diizinkan menggunakan mikrofon maka suara sobat tidak akan terdengar oleh peserta lainnya. Jadi pastikan browser yang sobat gunakan sudah diizinkan untuk menggunakan mikrofon.

2. Mikrofon Belum Dinyalakan

Hal ini yang seringkali dilupakan oleh sebagian besar pengguna Google Meet. Jika sobat baru saja bergabung dan jumlah peserta rapat sudah lebih dari 5 orang, Google akan otomatis menonaktifkan mikrofon sobat.

Untuk mulai berbicara, nyalakan terlebih dahulu mikrofon dengan menekan tombol mikrofon di bagian bawah sampai tanda silangnya hilang. Dengan begitu mikrofon sobat akan menyala dan bisa mulai berbicara dengan peserta rapat lainnya.

Menyalakan tombol mikrofon Google Meet

3. Mikrofon Di-mute Oleh Penyelenggara Rapat

Cek juga apakah mikrofon sobat dimute / dibisukan oleh penyelenggara rapat. Biasanya pada forum-forum besar, penyelenggara rapat akan mematikan mikrofon pesertanya. Jika mikrofon sobat di-mute tentu tidak bisa berbicara kepada peserta lain. Nyalakan terlebih dahulu mikrofon dan tentunya minta izin supaya tidak mengganggu peserta lain.

4. Mikrofon Yang Digunakan Tidak Berfungsi

Jika tombol mikrofon sudah dinyalakan dan sobat tidak di-mute oleh penyelenggara rapat, dan suara sobat masih tidak bisa didengar oleh orang lain, bisa jadi mikrofon yang sobat pilih tidak berfungsi.

Cara mengatasinya adalah dengan mengg unakan mikrofon tambahan jika sobat memilikinya. Atau jika sobat menggunakan Windows 10, sobat bisa mengatur terlebih dahulu keras tidaknya suara mikrofon melalui pengaturan suara.

Baca juga : Cara Mengubah Mikrofon Di Google Meet

5. Koneksi Internet Lambat

Meski sudah pakai laptop dan mikrofon yang bagus sekalipun, kalau internetnya lambat transmisi suaranya akan lambat pula. Baik itu suara yang dikirim maupun yang diterima.

Sobat perlu pastikan koneksi internet sudah stabil dan punya kecepatan yang cukup tinggi. Supaya transmisi data suara bisa berjalan lancar.

6. Koneksi VPN

Cara kerja VPN adalah mengarahkan traffic data sobat melalui jaringan tambahan. Hal ini bisa memperlambat transmisi data video dan suara. Jika video dan suara terasa lebih lambat atau putus-putus sobat bisa coba untuk matikan VPN terlebih dahulu.

Setelah VPN dimatikan biasanya koneksi akan lebih cepat dan sobat bisa lebih lancar ketika menggunakan layanan Google Meet.

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Dari Laptop

Kesimpulan

Itulah 6 hal yang cukup sering menyebabkan suara sobat terdengar pelan / kecil atau malah tidak terdengar sama sekali di Google Meet. Sobat bisa menerapkan solusi untuk masing-masing penyebab yang ada.

Jika kelima solusi di atas masih belum bisa diterapkan, ada baiknya sobat untuk mencoba melakukan panggilan atau rapat Meets di perangkat lainnya terlebih dahulu.

Baca juga :

Tinggalkan komentar