Perbedaan Charger Samsung Asli dan Palsu

Belanja aksesoris ponsel di Indonesia punya tantangan tersendiri. Banyak sekali produk KW dijual bebas di pasaran, baik di konter-konter ponsel maupun di marketplace. Pembelinya pun tetap ada. Wajar karena biasanya produk KW punya banderol lebih murah, ramah di kantong konsumen.

Di tulisan ini saya akan membandingkan charger Samsung Galaxy yang asli dengan versi palsu. Yakni adapter original milik Galaxy A50s dan versi palsu yang saya beli di marketplace untuk Galaxy A8 Star.

Cukup Mudah Dibedakan

Sekilas keduanya punya tampilan mirip. Sama-sama punya warna dasar putih, lengkap dengan logo Samsung, tulisan adaptive fast charging dan juga tulisan-tulisan kecil di depan. Namun jika diamati secara seksama, cukup mudah untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu..

Charger Samsung Original vs Palsu
Charger Samsung Original vs Palsu

Berat Kepala Charger

Berat charger Samsung Original vs Palsu
Berat charger Samsung Original vs Palsu

Iseng-iseng saya bandingkan beratnya menggunakan timbangan digital. Feeling saya ketika mengangkat keduanya, terasa lebih berat adapter yang asli. Setelah ditimbang pun begitu hasilnya. Adapter asli punya berat 40 gram. Sementara kepala charger palsu punya berat 32 gram. Ini bisa jadi indikasi bahan yang digunakan untuk membuat adapter punya jenis dan kualitas yang berbeda.

Logo Samsung

Kiri : asli, Kanan : palsu

Logo Samsung di adapter asli berupa cetakan, kalau diraba akan terasa ada ukirannya. Sedangkan adapter palsu hanya berupa cat warna abu-abu saja. Saya belum pernah menemukan charger palsu dengan ukiran logo Samsung. Sehingga ini cara yang sangat mudah untuk membedakan mana adapter asli dan palsu.

Tulisan Adaptive Fast Charging

Kiri : asli, kanan : palsu.

Sama seperti logo Samsung, tulisan adaptive fast charging di adapter asli berupa cetakan dan terasa cekungannya bila diraba. Sedangkan adapter palsu masih berupa cat warna abu-abu.

Apakah Keduanya Support Fast Charging?

Keduanya sudah mendukung fast charging 15 watt, untuk charging Galaxy A8 Star maupun A50s dengan kapasitas 3700 mAh dan 4000 mAh membutuhkan waktu di kisaran 2 jam. Namun yang saya amati, adapter palsu terasa lebih panas saat melakukan charging. Jadi jangan merisikokan diri untuk memakai yang palsu. Gunakan yang asli.

Mana yang layak dipakai?

Tentu yang asli lebih memberikan rasa aman ketika dipakai, dan lebih saya rekomendasikan. Materialnya lebih bagus dan adapter original sudah disesuaikan arus dan voltasenya sesuai setiap seri ponsel. Jangan heran jika banderolnya di Service Center Samsung lebih mahal dibanding adapter palsu.

Kalau budget terbatas, bisa untuk melirik produk aftermarket yang original dibanding harus membeli yang palsu.

Tinggalkan Balasan