Perpanjang STNK 5 Tahunan di Samsat Delanggu Klaten

Perpanjang STNK Samsat Delanggu

Halo sobatku sekalian, kali ini saya akan berbagi pengalaman memperpanjang STNK 5 tahunan di Samsat Delanggu, Kabupaten Klaten. Siapa tahu bisa menjadi bahan bacaan sebelum Anda datang ke sana. Terutama yang belum pernah pergi ke sana.

Motor yang saya pajaki adalah Supra tahun 2001 atas nama orang lain. Sehingga saya membawa KTP pemilik aslinya. Untuk surat kuasa saya tidak membawa dan ternyata tetap dilayani. Tapi jika Anda mau berjaga-jaga boleh saja membawa surat kuasa dari pemilik asli.

Saya datang pukul 08.30 WIB dan sudah banyak pengunjung. Tapi tidak sampai antre lama. Proses selesai sekitar jam 10.00 WIB. Menurut saya tergolong cepat. Oh iya karena masih suasana pandemi, Anda wajib menggunakan masker di lingkungan Samsat Delanggu.

Alamat Samsat Delanggu

Samsat Delanggu beralamat di Jalan Jogja-Solo, Dusun 1, Tegalgondo, Kec. Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57471. Peta terlampir :

Persyaratan

Berikut ini persyaratan untuk perpanjang STNK 5 tahunan :

  1. BPKB pemilik+ fotocopy
  2. KTP pemilik + fotocopy
  3. STNK pemilik + fotocopy
  4. Kendaraan dibawa untuk cek fisik

Tahapan

Kira-kira ada 9 tahapan yang saya lalui saat melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Delanggu. Kendaraan yang akan dipajaki langsung dibawa masuk ke ruang parkir yang ada di bagian timur.

Tahapan Secara Umum :

  1. Fotocopy syarat perpanjang STNK 5 Tahunan
  2. Daftar ke loket Cek Fisik (di sebelah ruang fotocopy)
  3. Cek fisik (gesek rangka dan mesin) di parkiran
  4. Naik ke lantai 2 – SPOPD
  5. Serahkan berkas ke loket 1 – Perpanjangan STNK 5 Tahunan
  6. Menunggu panggilan untuk pembayaran di kasir
  7. Menunggu panggilan untuk penyerahan STNK di loket VI
  8. Turun ke ruang cetak plat nomor (TNKB)
  9. Serahkan STNK asli yang baru. Plat nomor dicetak, proses selesai.

Lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Fotokopi Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Perpanjang STNK Samsat Delanggu

Di dalam Samsat Delanggu sudah ada ruang fotokopi di lantai 1, dekat parkiran kendaraan. Bilang saja fotocopy untuk perpanjangan STNK 5 tahunan. Biayanya sekitar 2.000 rupiah.

2. Daftar ke Loket Cek Fisik

Perpanjang STNK Samsat Delanggu

Berkas yang sudah disiapkan petugas fotocopy tadi diserahkan ke loket pendaftaran cek fisik yang ada disebelahnya. Nanti akan diberi stiker untuk gesek nomor rangka dan mesin kendaraan.

3. Lakukan Cek Fisik

Serahkan stiker gesek kepada petugas yang ada. Menggunakan seragam cek fisik. Nanti petugas akan menggesek nomor rangka dan mesin ke stiker tersebut.

Namun ada yang aneh setelah selesai gesek no rangka di sini. Petugasnya bilang “jenengan maringi jasa mawon mas..” ya artinya dia minta diberi uang. Saya kemudian tanya “pinten mas?” karena saya kira itu resmi. Dia kemudian menjawab seikhlasnya saja. Kemudian saya kasih 10ribu. Namun ternyata tidak ada kwitansinya.

Kemungkinan besar itu pungutan tidak resmi karena tidak ada kwitansi PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Jadi sebenarnya Anda tidak perlu bayar ke tukang cek fisik. Karena seingat saya saat perpanjang plat nomor di Jogja tidak dimintai uang saat cek fisik.

Setelah cek fisik selesai, serahkan berkas kembali ke loket pendaftaran. Nanti akan diarahkan petugas untuk naik ke lantai 2.

4. Naik ke Lantai 2 Serahkan Berkas ke Loket SPOPD

Setelah naik tangga ke lantai 2, serahkan berkas dari loket cek fisik ke loket SPOPD yang ada di luar ruang utama. Nanti berkas akan dilengkapi dan diminta masuk ke ruang utama di lantai 2.

5. Masuk Ruangan Utama, Ambil Antrean – Serahkan Berkas ke Loket 1 Pendaftaran

Perpanjang STNK Samsat Delanggu

Setelah masuk ruang utama, ambil nomor antrean di loket 1. Tunggu sampai nomor Anda dipanggil. Setelah dipanggil petugas akan meminta berkas yang diberikan dari loket SPOPD tadi.

6. Menunggu Panggilan Dari Kasir

Perpanjang STNK Samsat Delanggu

Selesai dari loket 1, tunggu panggilan pembayaran dari petugas kasir. Panggilan urut sesuai nomor antrean yang sudah Anda dapatkan. Bayar dengan uang tunai setelah nomor antrean dipanggil.

7. Menunggu Penyerahan STNK Di Loket VI (Bagian Kanan)

Setelah membayar pajak, Anda akan dipanggil lagi untuk membayar iuran PMI senilai 2.000 rupiah. Setelah itu tinggal menunggu panggilan dari loket 5 (paling kanan). Nanti nama pemilik kendaraan akan dipanggil untuk diserahkan STNK baru. Untuk plastik STNK yang baru dijual seharga 2.000 rupiah.

8. Turun ke Ruang Cetak Plat Nomor (TNKB)

Selanjutnya setelah dapat STNK baru, turun lagi ke ruang cetak plat nomor yang ada di lantai 1. Letaknya di sebelah loket cek fisik.

9. Serahkan STNK Baru ke Petugas di Ruang Cetak Plat Nomor (TNKB)

Serahkan STNK baru ke petugas untuk dicap dan dicetak plat nomor barunya. Lama pencetakan kalau tidak antre hanya sekitar 5 menit.

Setelah plat selesai dicetak, nama Anda akan dipanggil untuk mengambilnya. STNK baru yang sudah dicap juga akan diserahkan ke Anda. Maka proses perpanjangan STNK 5 Tahun Anda sudah selesai.

Biaya Yang Dikeluarkan

Berikut ini ringkasan biaya yang saya keluarkan saat melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Delanggu.

  1. Fotocopy persyaratan : 2.000
  2. Pajak tahunan motor : 111.500
  3. Biaya penerbitan STNK dan Plat nomor baru : 160.000
  4. Iuran PMI : 2.000
  5. Plastik STNK : 2.000
  6. Cek fisik : 10.000 (ini tidak wajib)

Catatan : kegiatan perpanjangan STNK 5 tahunan ini saya lakukan pada tanggal 19 November 2020. Tulisan ini hanya sebagai gambaran saja dan tidak bisa dijadikan patokan untuk kedepannya karena bisa saja setelah tulisan ini dirilis ada perubahan peraturan di Samsat Delanggu. Harap maklum, terima kasih.

Tinggalkan Balasan