Rekam Layar Di Game Launcher Samsung Sudah Dihapus

Tampilan Game Launcher Samsung terbaru

Salah satu aplikasi bawaan ponsel Samsung yang disukai para gamer adalah Game Launcher. Aplikasi ini awalnya punya banyak fitur seperti meningkatkan performa gaming dan juga merekam game secara langsung.

Game Launcher ini cukup bagus karena tersedia merata di lini ponsel-ponsel Samsung terbaru. Tidak hanya untuk seri flagship saja, seri A seperti A21, A31, A51 dan A71 sudah memiliki aplikasi Game Launcher. Kalau belum terinstall, sobat bisa mengunduh Game Launcher di aplikasi Galaxy Store.

Baca juga : Cara Mengatur Volume Aplikasi Berbeda Di Samsung Galaxy

Hilangnya Fitur Rekam Layar Game Launcher

Namun sayangnya Game Launcher versi terbaru menghilangkan satu fitur penting yang sangat berguna untuk para gamer dan streamer yang suka merekam permainan mereka. Yaitu fitur merekam game.

Padahal fitur merekam permainan / game record di Game Launcher punya banyak opsi seperti :

  1. Mengubah resolusi perekaman
  2. Menentukan sumber suara perekaman, bisa merekam dari sistem ponsel tidak hanya mikrofon
  3. Bisa menambahkan tampilan wajah saat bermain game

Tentu saja fitur itu sangat bermanfaat karena bisa dijadikan sarana sederhana untuk membuat video dan diupload ke platform lain seperti YouTube. Namun sayangnya fitur ini sudah tidak tersedia / hilang dari aplikasi Game Launcher Samsung.

Rekam layar Game Launcher
Opsi rekam layar sudah hilang dari Game Launcher Samsung

Sudah saya cari berulang kali di opsi pengaturan namun tetap saja tidak ketemu. Saya baru menyadarinya setelah upgrade Samsung Galaxy A8 Star ke Android 10.

Memang sih, sebenarnya di Android 10 sudah ada fitur merekam layar. Namun itu tidak terintragasi sebaik Game Launcher, sehingga perlu scroll notification bar ketika game saat game dimainkan. Dan tidak bisa merekam wajah sekaligus dengan fleksibel.

Jadi, saran saya untuk sobat sekalian yang masih punya aplikasi Game Launcher versi lama dan sering merekam game, sebaiknya dipertahankan saja. Sedangkan untuk tetap merekam permainan game bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store ataupun menggunakan bawaan Android 10.

Kemudian, untuk pihak Samsung ataupun para developernya sebaiknya tolong menghadirkan lagi fitur merekam permainan di Game Launcher karena itu menjadi daya tarik tersendiri ponsel Samsung dan cukup banyak yang menggunakannya.

Tinggalkan komentar