Review Headset Untuk WFH dan Sekolah Online : Logitech H151

Headset Logitech H151 Untuk WFH dan Sekolah Online
Headset Logitech H151 Untuk WFH dan Sekolah Online

Salah satu kebutuhan untuk WFH dan sekolah online adalah koneksi internet, hape, laptop dan perangkat penunjang salah satunya adalah headset yang dilengkapi mikrofon. Mengingat tidak semua orang tinggal di lingkungan yang tenang dan butuh headset supaya bisa lebih berkonsentrasi. Kali ini saya akan review headset Logitech seri H151. Simak selengkapnya di artikel ini.

Headset ini saya beli melalui Official Store Logitech di Tokopedia. Artikel ini ditulis menurut pengalaman saya pribadi dan tidak disponsori pihak manapun.

Saya beli headset ini karena hampir semua anggota keluarga sering melakukan kegiatan online. Kadang waktunya bersamaan, jadi suara antar laptop saling terdengar.

Untuk mengatasinya saya putuskan membeli headset. Selain itu menurut saya menggunakan headset lebih nyaman dibanding menggunakan earphone bawaan dari hape, meskipun keduanya bisa digunakan di laptop.

Harga

Berdasarkan website resmi logitech per 3 Februari 2021, headset H151 dibanderol Rp 269.000.

Beruntung pada bulan Januari lalu saya bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah melalui Official Store Logitech di Tokopedia. Dari harga Rp 229.000 diskon menjadi Rp 168.000 saja.* Lumayan bisa ngirit banyak dan dapat cashback dari Tokopedia.

*diskon dan harga dapat berubah sewaktu-waktu

Spesifikasi Teknis

  • Impedansi input : 22 Ohm
  • Sensitivitas headphone : 122dB +/- 3dB
  • Sensitivitas mikrofon : -44dBV/Pa +/- 2.5dB
  • Respon frekuensi headset : 20Hz – 20kHz
  • Respon frekuensi mikrofon : 100Hz – 6.50kHz
  • Panjang kabel : 1.8 meter
  • Berat : 0.08 kg

Fitur Utama

  1. Stereo Sound : fitur stereo cocok untuk mendengarkan konten media, melakukan panggilan saat WFH ataupun sekolah online.
  2. Mikrofon di kiri dapat diputar 180 derajat.
  3. In-Line Control : alat untuk mengatur volume, sekaligus menyalakan dan mematikan mikrofon
  4. Headband dapat menyesuaikan kontur telinga
  5. Koneksi jack audio 3.5 mm
  6. Noise Cancellation : meredam suara berisik dan noise dari lingkungan sekitar

Kemasan

Kemasan headset sederhana terbuat dari kertas dan plastik, di dalamnya ada headset dan kartu garansi terbatas 1 tahun. Kemasannya memang agak penyok mungkin karena tertekan selama perjalanan di ekspedisi. Namun headsetnya berfungsi normal.

Tampak Depan

Headset ini bisa dibilang dibilang berukuran kecil. Karena bagian speaker / headband tidak menutupi seluruh bagian telinga. Bagian lingkar atasnya dapat diatur panjang pendeknya menyesuaikan ukuran kepala.

Selain itu beratnya yang hanya 0,08 kg sangat nyaman digunakan dan tidak terasa berat walau digunakan dalam waktu lama.

Headband

Headset Logitech H151 Untuk WFH dan Sekolah Online

Headband berbentuk persegi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bagusnya headband ini fleksibel, sehingga bisa menyesuaikan posisinya saat menempel di telinga. Busanya nyaman dan tidak panas meski dipakai dalam waktu lama.

In-Line Control

In-line kontrol ini berfungsi untuk mematikan dan menyalakan mikrofon, serta mengatur volume suara. Ada juga penjepit clip on di belakang supaya bisa diselipkan di pakaian. Kualitas materialnya standar plastik biasa. Tidak ada yang spesial. Semua fungsi berjalan dengan baik.

Kabel

Plester putih pada ujung kabel itu saya tambahkan sendiri. Supaya kabelnya lebih awet. Karena ujung kabel headset ini bukan berbentuk huruf “L” sehingga agak rawan melengkung dan putus dalam jangka waktu lama.

Jika tidak mau pakai plester, kamu bisa membeli aksesoris tambahan berupa adaptor jack audio yang berbentuk huruf L. Supaya kabel headset lebih awet.

Adaptor jack huruf L

Posisi Mikrofon

Posisi mikrofon ada di bagian kiri headset dan bisa diputar ke atas maupun ke bawah. Sayangnya jaraknya relatif jauh dari mulut. Sehingga kadang suara terdengar kecil/pelan oleh peserta rapat lain. Tapi hal ini bisa diatasi dengan mengarahkan mikrofon ke dekat mulut dan mengatur setting sensitivitas mikrofon di laptop.

Tutorialnya bisa baca di : Mengatasi Suara Mikrofon Kecil di Laptop

Kualitas Suara

Kualitas suara terbilang oke. Bass dan treble seimbang. Clarity juga bagus. Sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Namun jika digunakan untuk hal profesional seperti editing saya sarankan memilih seri di atasnya yang punya kualitas suara lebih baik.

Jika ingin tes suara headset bisa putar video yang diproduksi oleh Dolby di bawah ini :

Kesimpulan

Dengan harga 168 ribu rupiah saat promo. Saya cukup senang membeli dan menggunakan headset ini. Kualitas bahannya bagus dan produksi suara yang dihasilkan masuk kategori decent. Untuk WFH maupun sekolah online sudah bisa memenuhi keduanya.

Hal yang perlu digaris bawahi, yaitu kekurangannya. Posisi mikrofon yang agak jauh dari mulut dan juga ujung kabel yang tidak berbentuk huruf L lebih rawan untuk penyok atau bahkan putus dalam jangka panjang.

Pilihan kembali lagi kepada pembaca sekalian. Sesuaikan saja kebutuhan dengan budget yang tersedia.

Jika ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih and have a nice day!

Review versi video :

Baca juga :

Tinggalkan Balasan