Review Keyboard ErgoLift ASUS

Salah satu tren dalam engsel laptop adalah menggunakan mekanisme ErgoLift (istilah untuk laptop ASUS). Dengan ErgoLift bagian keyboard laptop akan sedikit terangkat di bagian ujung engselnya. Posisi keyboard akan lebih miring dan katanya membuat nyaman untuk mengetik.

Dikutip dari web ASUS, ErgoLift dirancang untuk secara otomatis memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman. Selain itu, kemiringan juga dihitung secara presisi untuk meningkatkan kinerja pendinginan laptop dan kualitas audio.

Apakah Klaim Kenyamanan ErgoLift Terbukti?

ErgoLift pada ZenBook UM431DA
ErgoLift pada ZenBook UM431DA

Mungkin benar, hanya saja saya belum terlalu merasakannya. Unit yang saya pakai adalah ZenBook UM431DA, mendukung ErgoLift yang akan terangkat sampai 4 derajat. Kemiringan ini tidak terlalu terasa. Namun kenyamanan mengetik sudah saya dapatkan di laptop ini. Toh, fitur ErgoLift bukan hanya ditujukan untuk kenyamanan mengetik tapi juga membuat sirkulasi udara supaya lebih lancar.

Baca juga : Unboxing ZenBook 14 UM431DA Ryzen 5 Indonesia

Perbandingan Dengan Laptop Lain

Rasa nyaman saat mengetik muncul lebih disebabkan oleh karakter keyboard dan juga travel distancenya yang cukup jauh sekitar 1.4 mm. Hal itu membuat feel menekan keyboard terasa pas, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Ukuran keyboardnya pun lebih besar dibanding VivoBook TP201SA yang sudah saya gunakan hampir 4 tahun.

Setiap pengguna akan merasakan pengalaman yang berbeda. Mungkin ada yang suka maupun tidak suka setelah mencoba menggunakan mekanisme ErgoLift.

Kendala Pada ErgoLift

Buat Anda yang sering menggunakan laptop di atas pangkuan (tidak disarankan), mekanisme ErgoLift bukanlah hal yang mendukung untuk melakukan aktivitas itu. Mekanisme ini membuat laptop tidak menapak ke permukaan secara rata. Karena ujung layar bawah akan menjadi penopang saat laptop ditaruh di permukaan.

Oleh karena itu laptop dengan ErgoLift akan lebih nyaman digunakan di meja atau permukaan yang rata. Supaya laptop tetap stabil, sirkulasi panas berjalan dengan baik dan kualitas suara yang dihasilkan bagus (di ZenBook UM431DA terdapat dua speaker di bagian bawah laptop).

Hal Lain Juga Mempengaruhi Pengalaman Mengetik

Ya.. tidak dipungkiri.. pengalaman mengetik didukung oleh banyak faktor. Misalnya :

  • Material penyusun keyboard
  • Ukuran keyboard
  • Key travel
  • Ketersediaan backlit
  • Layout Keyboard
  • dan lain-lain..

Tiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda dalam mengetik. Buat saya, keyboard di ZenBook UM431DA sudah cukup nyaman untuk mengetik dan terbantu dengan ErgoLift.

Kalau Anda mau mencari laptop dengan typing experince yang sesuai, ErgoLift bukanlah satu-satunya penentu. Sebagai perbandingan, MacBook Pro series tidak memiliki mekanisme ErgoLift, namun menurut saya keyboardnya juga nyaman untuk mengetik. Untuk tahu laptop mana yang cocok, coba lakukan sedikit riset melalui internet ataupun datang langsung ke toko untuk mencoba unit display mereka.

Sekian artikel ringan kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar