Review Router Huawei 4G B312 : Bisa Semua Operator

Router Huawei 4G B312

Halo sobatku sekalian kali ini saya akan mereview router 4G Huawei B312. Ini bisa jadi alternatif bagi sobat yang tidak memasang wifi di rumah namun tidak mau terus-terusan tethering pakai hape. Apalagi selama pandemi banyak kegiatan WFH termasuk juga kegiatan sekolah yang membutuhkan koneksi internet.

Biasanya di rumah saya tethering pakai hape, namun dalam waktu lama membuat hape panas, sayang baterainya. Oleh karena itu saya memutuskan untuk membeli router 4G Huawei B312. Router ini juga berfungsi sebagai modem, bisa dipasang simcard 4G semua operator atau biasanya disebut unlocked. Pastikan dulu ya ke penjual kalau beli yang bisa semua operator. Koneksi dari simcard router bisa dibagi ke 32 perangkat sekaligus.

Router ini saya dapatkan di marketplace dengan harga 790an ribu rupiah.

Spesifikasi Singkat

Berikut adalah spesifikasi singkat Huawei B312 :

  • Model name : B312 – 926
  • 4G LTE up to 150Mbps (download) / 50Mbps (upload)
  • Wifi up to 300Mbps
  • 1 Gigabit Ethernet Port
  • Bisa terkoneksi 32 perangkat sekaligus
  • Port Nano SimCard

Spesifikasinya standar, hampir sama dengan router di kelas yang sama. Kemampuan kecepatan download dan upload 4G nya sudah tinggi, toh dari operator juga jarang mencapai kecepatan setinggi itu.

Router ini support sampai dengan 32 perangkat sekaligus dan ini cocok banget kalau di rumah punya banyak device : smart tv, hape, laptop, CCTV dan lain-lain.

Baca juga : Pengalaman Mencari PIN AdSense Di Kantor Pos Plemburan Jogja

Kelengkapan Penjualan

Berikut adalah kelengkapan penjualan Huawei B312 :

  • 1 Unit router
  • 1 Unit kabel daya
  • 1 Unit kabel RJ45 Ethernet
  • 1 Unit buku panduan
  • 1 Unit kartu garansi
  • Bonus : Kartu perdana Telkomsel (isi kuota 7GB x 2 bulan)

Paket penjualan berisi router, kabel ethernet, buku panduan, kartu garansi dan juga bonus kartu perdana Telkomsel.

Modem ini tidak dilengkapi baterai, berbeda dengan mifi yang biasanya sudah terpasang baterai di dalamnya. Kalau mati listrik router ini akan ikut mati ya, jadi jangan kaget kalau wifinya putus. Hal yang disayangkan adalah belum adanya antena bawaan di dalam paket penjualan, walaupun sudah disediakan port antena di belakang router.

Ketiadaan antena itu bukan masalah buat saya karena memang dipakai buat di rumah saja. Beda cerita kalau untuk penggunaan yang lebih luas ada baiknya memakai antena tambahan.

Cara Mengaktifkan Modem

Cara mengaktifkan router sangat sederhana, cukup masukkan simcard yang sudah berisi paket data ke modem. Lalu sambungkan kabel daya ke router. Router akan otomatis menyala dan membagikan koneksi wifi. Untuk mematikan bisa dengan mencabut kabel daya atau mematikan dari aplikasi.

Nama wifi, password, dan juga username untuk pengaturan router ada di stiker bagian belakang. Di stiker itu tertera :

  1. Nama wifi default
  2. Password wifi default
  3. Username admin
  4. Password admin

Username dan password admin digunakan untuk login pengaturan modem dari hape.

Tampilan Huawei AI Life di hape Android

Untuk mengatur modem dari hape cukup download di PlayStore aplikasi bernama AI Life dari Huawei, di AppStore namanya adalah Huawei SmartHome Kemudian sambungkan hape ke koneksi wifi router dan masukkan password admin yang ada di belakang router.

Nanti akan ada banyak pengaturan mengenai router yang mudah dipahami. Ada banyak opsi yang tersedia seperti mengetahui penggunaan data, device yang terhubung, kekuatan sinyal, diagnosis masalah, pengaturan wifi dan sebagainya.

Performa Router

Kecepatan Indosat Freedom 50GB
Kecepatan Indosat Freedom 50GB

Namanya router fungsinya untuk membagikan sambungan internet ke banyak device. Sambungan internetnya bisa berasal dari kabel ethernet maupun simcard 4G yang terpasang.

Simcard yang saya pasang adalah Indosat dengan paket data Indosat Freedom 50GB. Tes saya lakukan menggunakan speedtest.net waktunya menjelang siang hari. Kecepatan download yang didapat 6.99 Mbps sudah kencang menurut saya yang rumahnya terhalang banyak pohon.

Namun kecepatan yang akan didapat kembali lagi pada operator, paket yang dipilih dan juga kekuatan sinyal di lokasi sobatku sekalian. Buat saya speed segitu sudah termasuk cepat dan lancar-lancar saja untuk menghandle beberapa laptop dan hape.

Nomor Bundling Yang Tidak Bisa Dipakai Internetan

Bonusnya Telkomsel tapi yang saya uji pakai Indosat. Ya memang awalnya ingin saya uji yang Telkomsel tapi simcardnya malah tidak mau terkoneksi ke internet. Petunjuk registrasi sudah saya ikuti sesuai panduan di kartu perdana. Juga sudah saya follow up ke CS Telkomsel, solusi yang mereka tawarkan juga tidak membantu. Sudah 2 hari lebih sejak pembelian tetap saja belum bisa terkoneksi.

Ini bisa jadi bahan masukan untuk Telkomsel supaya memastikan perdana bundling bisa terhubung ke jaringan dan juga supaya CSnya lebih solutif dalam menangani keluhan konsumen. Mengingat saya kontak CS melalui Twitter, Telegram dan telpon langsung solusinya beda semua.

Kesimpulan

Untuk yang tidak berlangganan wifi dan ingin mencoba rasanya punya wifi salah satu caranya ya beli router yang sudah support simcard. Huawei B312 ini router yang basic dan sudah bisa memenuhi kebutuhan wifi pada umumnya. Bisa terkoneksi ke 32 perangkat, support simcard 4G, dan nama besar Huawei jadi modal utamanya. Apa yang didapatkan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Meski begitu, ada juga kekurangan pada router ini :

  1. Belum ada antena tambahan dalam paket penjualan
  2. Hanya ada satu port ethernet tersedia

Pilihan kembali kepada sobat, sesuaikan kebutuhan dan dana yang tersedia ya. Kalau ada yang ingin ditanyakan, tulis saja di kolom komentar. Have a nice day!

Baca juga :

Tinggalkan komentar