Review Smart Clear View Cover Samsung Galaxy S20 FE

Review Smart Clear View CoverSamsung S20 FE

Case atau cover sudah menjadi semacam aksesoris wajib untuk hape. Banyak pengguna hape yang buru-buru memasang case setelah membeli hape baru. Untuk seri Samsung, biasanya di Samsung Experience Store atau reseller resmi Samsung menyediakan case original. Yang akan saya review kali ini adalah Smart Clear View Cover Samsung S20 FE.

Saat pertama kali dirilis September lalu, Samsung S20 FE (Fan Edition) 8/128 GB dibanderol dengan harga 10 juta rupiah. Khusus yang ikut pre-order akan mendapat bonus : Clear View Cover, Galaxy Fit 2, dan Wireless Charger. Itu adalah deal yang menarik dari Samsung, bonusnya banyak sekali.

Kebetulan saya beli S20 FE bukan saat pre-order. Saya beli di awal tahun ini saat harganya sudah turun dan untungnya diberi bonus oleh seller di Tokopedia berupa Smart Clear View Cover yang akan saya review kali ini. Disclaimer : ini pengalaman pribadi, bukan endorse ya.

Harga

Berdasarkan website Samsung Indonesia, harga resmi Smart Clear View Cover Samsung S20 FE adalah Rp 599.000 dengan empat pilihan warna : Navy, Mint, Lavender, White.

Harga tersebut termasuk standar jika dibandingkan aksesoris resmi Samsung untuk flagship lainnya, karena memang kualitasnya bagus.

Jika dirasa terlalu mahal kamu bisa coba mencari di berbagai marketplace. Sudah banyak seller yang menjual di bawah harga resmi tersebut. Ingat, pastikan dahulu ke seller bahwa barangnya original ya.

Kelebihan Smart Clear View Cover S20 FE

Apa saja yang menjadi nilai jual dan kelebihan clear view cover ini sehingga membuatnya spesial? Berikut daftarnya :

  1. Punya lapisan antimicrobial coating sesuai standar UL2282
  2. Otomatis menyalakan dan mematikan layar saat membuka dan menutup cover
  3. Desain presisi, tidak membuat tempered glass terangkat
  4. Bisa melihat notifikasi dari clear view
  5. Bagian clear view bisa disentuh
  6. Melindungi bagian depan dan belakang hape termasuk kamera
  7. Kualitas material bagus, nyaman dipegang dan tidak licin

Setidaknya, menurut saya 7 hal itu yang menjadi kelebihan utama pada clear view cover S20 FE ini. Adapun kekurangannya akan dibahas pada poin selanjutnya.

Tampak Depan

Kemasan dari Smart Clear View Cover ini simpel sekali. Di dalamnya ada buku manual dan kertas kemasan. Tampak depan saat cover ditutup akan menampilkan jam, tanggal, dan juga saat ada notifikasi masuk.

Jam dan tanggal akan menyala terus ketika fitur Always On Display (AOD) dinyalakan. Jika AOD dimatikan, clear view hanya menampilkan jam dan tanggal sebentar setelah cover ditutup. Lalu akan menyala lagi saat ada notifikasi masuk.

Mematikan alarm, mengangkat telepon, bisa dilakukan langsung dari clear view tanpa membuka layar hape.

Saat cover dibuka terlihat bahwa bagian keempat sudut hape terlindungi oleh case ini. Sekedar informasi, berat case ini mencapai 55 gram, jadi akan membuat hape terasa lebih berat. Hal ini cukup bisa dimaklumi, karena berupa flip cover. Kalau hanya case saja beratnya akan lebih ringan.

Baca juga : Apakah Always On Display Boros Baterai?

Tampak Belakang

Tampak belakang ada celah untuk lubang kamera di bagian kiri atas, dan logo Samsung di bagian bawah. Jangan khawatir kamera akan tergores saat ditaruh di meja, karena case ini lebih tebal dari tonjolan kamera sehingga kamera akan aman.

Tampak Samping dan Bawah

Di sisi kanan ada tombol volume dan power, sayangnya keduanya tidak tercover oleh case ini. Ini menjadi kekurangan case ini menurut saya. Sedangkan di bagian bawah, ada sisa ruang untuk port USB C, mikrofon, speaker, dan garis antena supaya penangkapan sinyal tetap oke.

Saat Digenggam

Karena tangan saya kecil, tidak bisa menggenggam penuh hape saat terpasang cover. Namun tidak masalah karena material cover ini punya grip yang bagus sehingga tidak licin saat digunakan.

Kesimpulan

Saya merasa beruntung karena seller tempat saya membeli memberikan bonus clear view ini. Karena saya tahu kalau beli sendiri harganya mahal hehehe.

Untuk harga Rp 599.000, case ini menawarkan fitur dan material yang bagus serta tampilan premium khas Samsung. Namun jika budget kamu terbatas, bisa mencoba mencarinya di marketplace ataupun toko yang menjual cover ini dengan banderol lebih murah.

Selain itu masih banyak alternatif lain yang bisa kamu pilih dengan harga di bawah 599 ribu rupiah yang ditawarkan merk aksesoris ternama seperti Ringke, Spigen, Nillkin dan lain-lain. Intinya sesuaikan saja kebutuhan dengan budget yang ada.

Baca juga :

Review versi video :

Tinggalkan Balasan