Review TV 3 Jutaan Samsung 43 Inch N5001 2020

Halo sobatku sekalian kali ini saya akan mereview sebuah TV dari Samsung yaitu Samsung N5001 43 Inch 2020. TV ini punya ukuran layar 43 inch dan punya banderol yang cukup bersaing dengan brand lain di harga 3 jutaan. Bulan Mei lalu saya dapat TV ini dengan banderol 3,2 jutaan. Bulan September ini sepertinya harganya sudah turun.

TV ini bukan termasuk seri Smart TV ya, jadi tidak mendukung aplikasi-aplikasi seperti seri Samsung Smart TV. Nomor seri N5001 adalah UA43N5001AKPXD. Dan ini berbeda dengan N5003 ya, karena N5003 sudah punya dua port HDMI sedangkan N5001 hanya punya satu port HDMI.

TV ini dibeli untuk menggantikan TV saya sebelumnya yaitu LG 32 inch yang dirasa sudah kekecilan dan kurang mantep untuk nonton film. Apalagi selama karantina di rumah ada waktu luang lebih untuk menonton TV.

Akan saya coba jelaskan satu persatu pengalaman saya menggunakan TV ini selama empat bulan. Harapannya bisa memberi gambaran bagi sobatku sekalian yang berencana memilikinya.

Spesifikasi Singkat

Secara singkat, spesifikasi Samsung N5001 sebagai berikut :

  • Layar 43 inch resolusi Full HD 1920×1080
  • Speaker 2 Channel Dolby Digital Plus
  • Konsumsi Daya 75 watt
  • 1 x HDMI in (support 1080p)
  • 1 x USB
  • 1 x Antena In
  • 1 X Digital Audio Out (Optical)
  • Port RCA
  • Support siaran digital

Spesifikasinya standar, sesuai dengan TV harga 3 jutaan. Kelebihannya sudah support siaran digital sehingga tidak perlu keluar uang untuk beli setup box lagi. Sangat disayangkan port HDMInya hanya satu. Kurang cocok untuk penggunaan di kantor atau display yang butuh banyak port HDMI. Jika butuh 2 port HDMI opsinya ada Samsung N5003.

Paket Penjualan dan Fisik

Samsung TV 43 Inch N5001

Yang didapat di dalam box TV ini adalah :

  • 1 Unit TV
  • 1 Unit remote
  • 1 Set baterai remote
  • 1 Unit kabel power (kabel power tidak menempel di TV, bisa dilepas)
  • 1 Set kaki TV
  • 1 Adaptor antena
  • 1 Buku panduan bahasa Indonesia (di dalamnya ada lembar garansi)
  • 1 Buku panduan bahasa Inggris
  • 1 Quick setup guide

Paket penjualan yang diberikan juga sangat basic tidak ada yang istimewa ataupun kurang. Sekedar mengingatkan, jangan buang buku petunjuk ya karena di dalam buku petunjuk ada lembar garansi yang bisa digunakan untuk klaim di Samsung Service Center.

Samsung TV 43 Inch N5001

Kualitas material yang digunakan berupa plastik. Bezel di sisi layar TV sudah termasuk tipis untuk ukuran layar 43 inch. Tidak banyak tombol yang tersedia, hanya ada satu yaitu tombol power dengan beberapa fungsi sekaligus. Letaknya ada di bagian bawah kanan TV.

Samsung TV 43 Inch N5001

Di bagian belakang ada port HDMI, USB, Digital Audio Output, antena dan juga RCA. Tidak ada port jack audio maupun port HDMI kedua. Sangat disayangkan untuk TV dengan harga 3 jutaan.

Kualitas Layar

Kualitas layar bagus. N5001 sudah menggunakan hard panel jadi tidak perlu khawatir kalau terkena tekanan tidak sengaja. Resolusi layar Full HD sudah cukup untuk menonton konten-konten digital zaman now.

Samsung TV 43 Inch N5001
Pengaturan gambar, ada mode dinamis yang menyesuaikan pengaturan berdasarkan konten yang tampil.

Untuk menonton siaran tv umum rasanya kurang bagus menurut saya. Wajarlah siaran analog di Indonesia resolusinya masih rendah. Di layar lebar kelihatan sekali buramnya. Kalau siaran TV digital umumnya sudah HD dan tampilannya jauh lebih bagus.

Ketika HDMI laptop terhubung untuk menonton Netflix, kinerjanya bagus. Tidak ada lag antara tampilan di layar laptop dan layar TV. Dengan catatan kabel yang sobat gunakan sesuai. Karena resolusi TV ini Full HD, gunakan juga kabel HDMI yang sudah mendukung Full HD.

Baca juga : Apakah 128 GB Cukup Untuk Sebuah MacBook?

Kualitas Suara

Kualitas suara sudah oke menurut saya. Cukup untuk speaker bawaan. Untuk memutar musik maupun film sudah dapat bass dan treblenya.

Samsung TV 43 Inch N5001
Tidak banyak opsi yang bisa dipilih.

Pengaturan suara yang ada di TV ini belum lengkap. Hanya ada beberapa pengaturan suara default yang bisa dipilih. Namun ada fitur menarik yaitu pengaturan suara berdasarkan posisi TV. Saat ditaruh di meja atau ditempel di tembok tersedia opsi suara yang berbeda.

Kalau diarasa masih kurang puas sobat bisa membeli soundbar atau speaker yang menggunakan kabel SPDIF.

Siaran Digital

Karena sudah built-in tuner DVB-T2 jadi TV ini sudah bisa menangkap siaran digital. Dengan catatan antena yang digunakan juga antena yang sudah mendukung siaran digital. Kualitas siaran akan bergantung pada posisi rumah sobat terhadap pemancar terdekat. Kalau sinyal sedang jelek, layar TV akan menghitam dan berbunyi tutttttt.

Untuk siaran apa saja yang sudah bisa ditangkap di area Jogja bisa disimak di :

Fitur Multimedia

Samsung TV 43 Inch N5001
Menu media ketika tersambung FlashDisk.

Saya sering menonton video dari flashdisk, termasuk video yang punya subtitle terpisah. Kemampuan memutar filenya bisa diandalkan. TV saya sebelumnya sering restart kalau video yang diputar filenya besar atau resolusinya full HD. Di N5001 saya tidak mengalami itu, video bisa diputar dengan lancar.

Namun ada hal yang saya sayangkan dan menurut saya menjadi kekurangan bagi sobat sekalian yang suka nonton film dari flash disk.

Pertama, tidak ada opsi untuk mengatur ukuran dan posisi subtitle. Ukuran bawaan menurut saya terlalu kecil dan posisinya kurang ke bawah. TV LG saya dulu sudah bisa digunakan untuk mengatur ukuran dan posisi subtitle.

Samsung TV 43 Inch N5001
Tidak bisa skip video ke menit tertentu

Kedua, tidak bisa skip video langsung ke menit tertentu. Opsi yang ada adalah mempercepat pemutaran video. Tidak bisa skip ke menit tertentu seperti YouTube. Agak repot kalau mau skip film ke bagian tengah atau akhir. Harus melakukan fast forward.

Ketiga, tidak ada menu terakhir ditonton. Di TV LG saya dulu ada fitur yang memungkinkan untuk memutar video dari menit tonton sebelumnya. Cocok banget untuk ngelanjutin nonton film. Nah di N5001 tidak ada.

Baca juga : Cara Mendapatkan Cashback Bibit

Kesimpulan

Untuk harga 3 jutaan, Samsung menyediakan opsi N5000 series untuk mengisi kelas 43 inch non Smart TV. Standar khas Samsung. Layar bening dan cerah, suara cukup menggigit, sudah support siaran digital, dan jangan lupakan jaringan service center Samsung tersebar di banyak wilayah sehingga pengguna bisa merasa lebih tenang kalau-kalau TVnya mengalami kerusakan.

Namun jika sobat ingin mencari banyak fitur di media, bisa coba melirik merk lain seperti LG, Sony yang pengaturannya lebih lengkap. Bagus lagi memilih varian Smart TV, sudah banyak brand yang bisa menawarkan Smart TV 43 inch dengan banderol harga 3 sampai 4 juta. Sebutlah Xiaomi, Realme, Changhong, COOCA, Polytron dan lain-lain.

Tentu saja pilihan kembali pada sobat sekalian. Sesuaikan kebutuhan dengan budget yang tersedia. Agar lebih paham produk yang akan dibeli jangan malu-malu untuk datang ke toko elektronik terdekat.

Tinggalkan komentar